Akun Instagram Anda Diretas? Begini Cara Kembalikannya

Avatar of PortalMadura.com
Akun-Instagram-Anda-Diretas-Begini-Cara-Kembalikannya
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Aplikasi sampai saat ini menjadi media sosial yang populer di semua kalangan. Tidak heran, jika kehilangan akun Instagram bisa menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang.

Apalagi jika terkena retas orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu mereka akan kebingungan untuk mengaktifkan kembali akunnya. Tahukah Anda, peretasan akun Instagram ini tidak hanya terjadi pada seseorang yang punya jumlah followers-nya banyak, yang sedikit pun juga ada korbannya.

Jadi, peretasan akun Instagram bisa terjadi pada siapa pun dan tidak ‘pandang bulu'. Bukan tidak mungkin setelah diretas, si pelaku akan berlanjut untuk melakukan aksi penipuan terhadap korban.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang diretas? Ikuti caranya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (11/6/2021) dari laman Liputan6.com:

Langkah Pertama

Anda perlu mengetikkan help.instagram.com melalui browser untuk memulai langkahnya. Atau, Anda juga bisa masuk ke bagian pengaturan di halaman muka Instagram, lalu ketuk pilihan ‘Privacy & safety'.

Selanjutnya, pilih ‘Report Something' dan pilih ‘Hacked Account. Kemudian, pilih opsi ‘I Think my account has been hacked' dan pilih ‘Report to us'.

Impersonation Account

Cara ini mirip dengan yang dilakukan sebelumnya, hanya saja pada bagian ini dikhususkan untuk melaporkan akun yang digunakan oleh orang lain.

Setelah melakukan langkah sebelumnya, akun Anda akan hilang dari bilah pencarian di aplikasi. Akan tertulis ‘User not found' ketika Anda mengetikkan nama akun terkait.

Respons Laporan

Setelah itu, akan ada email masuk dari Instagram sebagai respons laporan yang dibuat. Beberapa informasi terkait akun seperti kode rahasia dan nama akun akan diminta dalam email itu secara langsung.

Selain itu, Anda akan diminta mengisi formulir yang disediakan. Setelah menunggu sekitar 4-7 hari akun Anda akan kembali di bilah pencarian Instagram. Artinya, akun Anda telah kembali aktif dengan pengaturan semula seperti yang Anda gunakan di awal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.