oleh

Umat Islam, Lakukan 5 Amalan Ini agar Panjang Umur

PortalMadura.Com – Umur merupakan rahasia Allah. Tidak satupun makhluk di dunia yang tahu seberapa lama ia hidup. Namun sebagai makhluk yang berakal kita wajib berusaha dan berdoa untuk berumur panjang.

Hampir semua orang pasti ingin panjang umur. Sehingga mereka melakukan berbagai cara untuk memperpanjang umurnya. Salah satunya menjaga kesehatan.

Selain itu, ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang umur. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Berpikir Positif

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti Harvard, menyimpulkan bahwa selalu mengambil sisi positif akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker, jantung dan infeksi.

Para ahli juga mengatakan, orang yang optimis yaitu yang selalu berharapan positif bisa langsung berpengaruh kepada kondisi biologisnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan laju penuaan sel, serta menurunkan kadar peradangan.

Menyambung Tali Silaturahmi

Menyambung silaturahim dan banyak bersosialisasi mampu meminimalisir stres, depresi dan rasa cemas. Bisa juga meningkatkan sistem imun, dan meminimalisir resiko terjadi demensia.

Selain punya manfaat untuk kesehatan fisik, silaturahim juga sangat baik untuk kesehatan mental. Terutama saat Anda bergaul dan dekat dengan orang-orang baik yang menjadi kecintaan Tuhan.

Berzikir

Berzikir itu tidak hanya berdampak pada kesehatan mental tapi juga fisik. Dengan berzikir, Anda akan mendapat ketenangan batin. Zikir menjadi obat bagi hati yang gelisah dan cemas berlebihan sebab Allah akan memberikan banyak petunjuk.

Seperti dilansir website Jatman, dzikir juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kortisol yang memicu stres dan depresi. Berzikir juga mampu membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Bahkan melalui metode zikir banyak orang yang sembuh dari kecanduan narkoba.

Banyak Membaca

Berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, disebutkan bahwa mereka yang meluangkan waktunya untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup yang lebih lama ketimbang yang tidak.

Selain itu, membaca buku juga akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan Anda sekaligus mampu mencegah penyakit alzheimer. Terlebih lagi jika Anda membaca biografi dan merenungi nasihat orang-orang saleh, niscaya itu akan mengobati penyakit hati Anda.

Bersedekah

Dalam hadis disebutkan sedekah bisa menjadi pelindung dari musibah dan keburukan. Sedekah juga bisa menjadi obat dan penyembuh bagi penyakit Anda dan mencegah mati dalam keadaan suul khatimah loh. Dalam satu riwayat juga dikatakan bahwa sedekah mampu menghilangkan bala dan menambah usia Anda.

Perlu diingat sedekah itu jangan diartikan sempit hanya dengan harta. Setiap kebaikan yang Anda lakukan juga bisa bernilai sedekah. Dengan bersedekah Anda tentu akan lebih memiliki perasaan yang berbahagia dan membuat kehidupan Anda jadi lebih baik karena makin disayang Tuhan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Okezone.com

Komentar