Akun WhatsApp Anda Dibajak? Begini Cara Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Akun-WhatsApp-Anda-Dibajak-Begini-Cara-Atasinya
Ilustrasi (Urbandigital.id)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, menjadi aplikasi perpesanan yang populer di semua kalangan. Banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk kepentingannya masing-masing.

Dari saking banyaknya pengguna, tidak jarang WhatsApp menjadi sasaran empuk para peretas atau hacker. Jadi, apabila Anda mendapati pesan-pesan yang mencurigakan dan akun WhatsApp tidak bisa diakses maka ada kemungkinan terkena bajak.

Tapi jangan khawatir, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (13/2/2021) dari laman Liputan6.com, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal ini:

Melakukan Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Hal yang perlu Anda perhatikan, nomor yang digunakan untuk masuk ke WhatsApp haruslah aktif, karena Anda perlu memasukkan nomor tersebut saat proses verifikasi di aplikasi WhatsApp.

Lalu, akan muncul notifikasi melalui SMS yang berisi kode verifikasi. Masukan kode tersebut pada kolom yang ditentukan. Jika nomor itu aktif dan tersemat pada smartphone yang digunakan untuk memasang WhatsApp, sistem biasanya secara otomatis akan membaca dan memasukkan kode yang diterima itu. Setelah itu, Anda sudah dapat kembali menggunakan akun WhatsApp.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Sebagai langkah antisipasi, setelah Anda berhasil mengembalikan akun WhatsApp. Sebaiknya Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah atau two-step verification.

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna diminta untuk memasukkan PIN yang berjumlah enam digit yang telah didaftarkan ketika memasang aplikasi di perangkat baru atau melakukan pemasangan ulang aplikasi.

Tanda Umum WhatsApp Diretas

Tiba-tiba logout adalah ciri yang paling terlihat jika akun WhatsApp diretas. Mengapa?. Pada dasarnya, WhatsApp hanya dapat digunakan pada satu perangkat saja.

Tanda lainnya adalah ada notifikasi meminta verifikasi. Kalau Anda tidak melakukan pemasangan WhatsApp pada perangkat mana pun, Anda perlu mewaspadai notifikasi ini. Artinya, Anda tidak perlu menyetujui langkah ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.