Anak Kecil yang Meninggal Dunia Akan Langsung Masuk Surga, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Kecil yang Meninggal Dunia Akan Langsung Masuk Surga, Benarkah?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti berharap anaknya selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Karena bagi orang tua, anak merupakan anugerah terindah dari Allah SWT yang tidak ternilai harganya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua akan selalu menjaga anaknya bahkan mulai dari dalam kandungan. Ketika anak lahir, orang tua memelihara dan merawat sembari berharap kelak anaknya menjadi pribadi yang baik saat dewasa.

Namun, siapa yang tahu usia seseorang? “Kun faya kun”, bila Allah SWT sudah berkehendak maka terjadilah. Kematian adalah takdir yang tidak dapat dicegah. Jika Allah SWT sudah menakdirkan usia seseorang, maka tidak menutup kemungkinan anak-anak .

Nah, bicara soal anak yang meninggal dunia, maka munculah pertanyaan di mana tempat sang anak di akhirat kelak?. Apakah anak akan menjadi penghuni atau neraka?

Dilihat dari sisi Islam, Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa anak keturunan muslim akan masuk surga. Itu merujuk kepada anak-anak yang meningal saat belum baligh karena mereka terbebas dari dosa.

“Sungguh anak keturunan dari kaum Muslimin masuk surga, Ibrahim Alaihissallam akan mengasuh mereka.” (HR. Ahmad : 8324).

Dari hadits di atas, sekaligus menjelaskan perkataan Abu Hassan yang meriwayatkan, “Saya berkata kepada Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ‘Dua orang putra saya telah meninggal. Adakah hadits dari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Mukmin yang sudah meninggal yang bisa engkau sampaikan untuk menenangkan hati kami?.

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu menjawab: ‘Ya. Anak-anak mereka adalah penghuni cilik surga. Salah seorang dari mereka menyambut kedua orangtuanya, lalu memegang pakaian atau tangan orangtuanya sebagaimana saya sekarang memegang ujung bajumu, dan ia tidak melepaskannya sampai Allâh Azza wa Jalla memasukkan dirinya dan orangtuanya ke dalam surga'. (HR. Muslim : 2.635). (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.