oleh

Anak Lakukan Kekerasan Karena Stres ?

PortalMadura.Com– Sebagian karakter anak dibentuk oleh keluarga. Peran orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh terhadap sifat dan tempramen anak. Sehingga pendidikan yang salah bisa menyebabkan anak berperilaku yang bahkan dapat merusak norma yang ada, seperti melakukan kekerasan.

Menurut pakar Psikologi, salah satu penyebab anak bisa stres atau perilaku yang dapat berdampak pada psikologisnya yaitu dengan memaksa dia utuk memakan makanan masakannya. Hal itu disebabkan karena tubuh anak merilis hormon kortisol yang membuatnya mengalami stres.

Adanya paksaan pada saat memberi makan, membuat anak merasa tertekan. Hal tersebut dapat memicu stres dan digambarkan dengan emosi yang meluap-luap.

Bila dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa memicu depresi yang berkepanjangan. Tidak jarang juga sifat tersebut akan terbawa hingga dewasa, dan disini orang tua harus tau bagaimana cara merdakan stres pada anak.

Hal kecil seperti memberikan makanan yang disukai anak, mengatur pola tidur, dan mengajak anak berolahraga bisa menjadi solusi bagi orang tua untuk menghindari pemicu stres pada anak.(viva.com/Nanik)


Komentar