Anak Sering Boros? Ini Cara Mengatasinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Sering Boros? Ini Cara Mengatasinya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menerapkan sikap hidup yang tak boros pada bisa dilakukan sejak dini. Walaupun anak telah mengerti konsep keuangan terkadang dalam pengaplikasiannya anak belum memahami benar penggunaan uang yang efektif.

Lantas bagaimana menghilangkan sifat boros pada anak yang sudah menjadi kebiasaan? Berikut beberapa tips yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasinya.

Ajarkan konsep keuangan

Anak harus mengerti bahwa uang didapatkan tidak percuma. Orang tua dapat menjelaskan bahwa dengan bekerja seseorang dapat memperoleh uang sehingga penggunaan uang perlu sangat bijak dan tidak digunakan secara sia-sia.

Ajarkan anak untuk membedakan kebutuhan dan keinginannya. Seringkali anak merengek untuk membeli sesuatu yang ia inginkan tanpa mengetahui kegunaannya. Hal ini terjadi karena kebiasaan orang tua yang menuruti segala keinginan anaknya ketika orang tua merasa bersalah kepada anak. Kebiasaan tersebut membuat anak tidak dapat membedakan apa yang ia butuhkan dan yang diinginkan, karena pengaminan dari orang tua membuat anak menginginkan segalanya.

Pakai seperlunya

Ajarkan anak untuk menggunakan segalanya dengan seperlunya, seperti tidak menghabiskan uang jajan yang ia milik sekaligus, belajar membagi apa yang ia punya kepada orang yang lebih membutuhkan itu lebih baik daripada menghabiskannya langsung.

Beri tugas keuangan

Meski belum mengerti, tanggung jawab yang diberikan membuat anak ingin berusaha melakukan tugasnya dengan baik karena ia diberi kepercayaan oleh orang tuanya.

Beri hadiah

Ini sebagai ungkapan bahwa anda mengapresiasi usahanya untuk mengurangi kebiasaan buruknya dengan menambah uang sakunya, semakin rajin ia menyisihkan uang maka semakin percaya orang tua memberinya uang. (cnnindonesia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.