Anak Susah Makan Sayur? Cobalah Trik Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Susah Makan Sayur? Cobalah Trik Berikut!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kadangkala, Anda sebagai orang tua, merasa kesal dengan sang buah hati yang susah sekali makan sayur dan buah, bukan? Seperti yang diketahui, hal ini tentu harus mendapatkan perhatian khusus, karena jika tidak dibiasakan sejak dini, anak dapat kekurangan serat, nutrisi, dan mineral pentinglainnya.

Lalu, apasih yang menyebabkan sikecil enggan makan sayur? Ini dia beberapa alasan umum yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak memperkenalkan sayur sebagai bahan pangan yang menarik

Kebiasaan Anda dalam menyajikan dengan cara yang itu-itu saja akan membuat anak enggan mengonsumsinya. Karena pada masa anak-anak, buah hati akan lebih tertarik untuk mengonsumsi sesuatu yang unik dan menarik.

2. Tidak memberi contoh

Dari pada memarahi anak karena enggan menyentuh sayuran yang disajikan, baiknya Anda mencontohkan terlebih dahulu kebiasaan sehat ini dengan rutin mengonsumsi sayuran setiap hari. Dengan melihat kebiasaan tersebut pada keseharian Anda, anak akan merasa tertarik hingga akhirnya mau mencoba.

Nah, setelah mengetahui penyebab anak enggan mengonsumsi sayur, berikut beberapa trik yang dapat Anda coba untuk membiasakan sikecil makan sayur:

a. Tambahkan sayuran dalam makanan kesukaan anak

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menyisipkan sayuran kedalam makanan favorit anak. Jadi, apabila buah hati Anda menyenangi pizza, buatlah pizza dengant ambahan sayuran sebagai toppingnya. Mudah, bukan?

b. Sajikan sayuran yang bervariasidan menarik

Taukah Anda, bahwa sebagian anak tidak menyukai sayur karena ibu selalu menyajikan sayur dengan jenis dan cara penyajian yang itu-itusaja? Karenaitu, mulailah menyajikan sayur kedalam bentuk karakter yang disukai anak dan rutinlah mengganti jenis sayur yang disajikan agar anak tidak merasa bosan.

c. Libatkananak

Dengan aktif melibatkan buah hati mulai dari proses memilih hingga menyajikan, Anda secara tidak langsung telahm eningkatkan semangat anak untuk mengonsumsi sayuran,loh! Mengapa, bisa? Ini karena, buah hati Anda akan merasa bahwa apa yang disajikan di depannya merupakan pilihan dan hasil dari usahanya sendiri. Jadi, mulai saat ini, ajak anak memilih sayuran kepasar atau libatkan ia di dapur untuk melakukan aktivitas ringan, seperti mencuci dan menyiangi sayuran, ya!

d. Sediakan sayur ketika anak sedang lapar

Ketika anak pulang dari sekolah atau sehabis bermain dengan temannya, mereka cenderung merasa lapar dan akan meminta sesuatu untuk dimakan, bukan? Nah, momen inilah yang harus Anda manfaatkan. Sediakan makanan yang mengandung sayuran agar buah hati Anda yang sedang kelaparan, akan menyantap apa yang telah Anda berikan.

e. Hindari kebiasaan memberi makanan penutup

Meskipun terdengar sangat sederhana, kebiasaan memberi makanan penutup setiap habis makan akan membuat buah hati merasa bahwa makanan penutup lebih enak dari pada makanan utama yang disajikan, loh! Hasilnya, ia akan lebih memilih untuk tidak menghabiskan sayuran agar tersisa ruang di perutuntuk makanan penutup.

Membiasakan anak rajin mengonsumsi sayuran memang tidak mudah, namun juga tidak mustahil. Jadi, selamat berjuang, Bunda!(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.