Anda Fresh Graduate? Ini 5 Hal yang Perlu Dilupakan Agar Sukses Berkarier

Avatar of PortalMadura.com
Anda Fresh Graduate? Ini 5 Hal yang Perlu Dilupakan Agar Sukses Berkarier
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setelah lulus dari kuliah bukan berarti sudah berhenti dari kata belajar. Sebagai lulusan baru atau masih akan mengalami pembelajaran yang sesungguhnya di dunia kerja. Jangan pernah berharap apa yang di alami di masa kuliah akan terjadi hal yang sama selama di pekerjaan nantinya.

Jadi, jangan pernah menganggap enteng dunia kerja. Sebab apabila Anda tidak hati-hati, maka bisa saja Anda akan salah langkah sehingga berakibat fatal pada Anda sendiri.

Berikut ini hal-hal yang seharusnya tidak dipercaya oleh para fresh graduate apabila ingin sukses di tempat kerja:

Pekerjaan di Kantor Selalu Jelas dan Terstruktur
Saat duduk di bangku kuliah, semua tugas yang dibebankan akan memiliki aturan yang jelas dan berstruktur. Tiap dosen memberikan arahannya terlebih dahulu sebelum Anda mulai mengerjakannya.

Tapi saat sudah terjun di dunia kerja, hal ini tidak akan Anda alami lagi. Seringkali, pekerjaan yang diminta akan melebihi kompetensi Anda. Anda pun tidak memiliki pilihan lain selain memaksa beradaptasi dengan hal tersebut.

Selalu Ada Kesempatan Kedua
Lagi-lagi, hal ini juga tidak benar adanya. Jika saat kuliah Anda bisa mendapat kesempatan untuk remedial atau ikut ujian ulangan, dalam dunia pekerjaan hal tersebut tidak akan terjadi.

Oleh karenanya, Anda harus benar-benar memanfaatkan setiap kesempatan di depan mata. Karena jika tidak, bukan tidak mungkin Anda harus menanggung konsekuensi yang besar.

Selalu Ada Penghargaan dari Usaha Anda
Dalam dunia kerja, usaha saja tidak akan cukup membawa Anda sukses. Orang-orang akan melihat hasil akhir yang Anda hasilkan.

Penting bagi para lulusan baru untuk mengerti bahwa penghargaan justru bisa didapat setelah seorang pegawai menunjukkan kerja keras yang diikuti dengan hasil yang maksimal.

Masuk Dunia Kerja = Berhenti Belajar
Jika Anda selalu merasa cukup dengan bekal “ilmu” selama bertahun-tahun kuliah, maka siap-siap saja nasib di dunia kerja tidak akan membaik.

Salah satu kesalahan yang dimiliki oleh fresh graduate adalah mereka menganggap adalah selesainya kuliah berarti juga akhir dari proses belajar. Padahal, semua hal di dunia ini terus mengalami perubahan. Otomatis hal itu juga menuntut setiap orang untuk terus belajar hal baru.

Bisa Langsung Sukses
Langsung menduduki posisi manajer, bekerja di perusahaan ternama, bahkan mendapatkan gaji yang menggiurkan, siapa yang tidak menginginkan hal ini?.

Sayangnya, ekspektasi ini muncul pada hampir sebagian besar para fresh graduate. Memang, selama dibarengi dengan usaha yang maksimal, tentulah impian ini bisa menjadi pemacu. Namun, jangan terlalu berlarut-larut dan berpegang teguh pada jenis pekerjaan ideal Anda.

Pekerjaan yang baik sendiri adalah sebuah pekerjaan yang memberi Anda kesempatan untuk belajar banyak hal. Tidak hanya itu, harus diingat, mayoritas orang sukses pun memulai segalanya dari bawah. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.