Anda Ingin Basmi Komedo? Gunakan 5 Ramuan Alami Ini dengan Rutin!

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Ingin Basmi Komedo? Gunakan 5 Ramuan Alami Ini dengan Rutin!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Gaya hidup yang tidak sehat, kelembapan dan polusi udara dapat mempengaruhi keadaan kulit, sehingga merangsang kelenjar minyak lebih aktif. Hal ini juga yang menyebabkan timbul di wajah, terutama bagian hidung.

Selain jerawat, komedo menjadi salah satu masalah terbesar pada wajah. Sama seperti jerawat, komedo sedikit sulit untuk diatasi. Namun jika telaten dalam perawatannya, komedo bisa hilang dan wajah menjadi bersih bersinar kembali.

Meski butuh waktu yang sedikit lama, cara-cara alami juga bisa Anda lakukan untuk membasmi komedo dari wajah. Yang terpenting harus rutin merawat dan membersihkan wajah.

Berikut lima yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi komedo:

Madu dan Kayu Manis
Madu merupakan antibiotik alami sehingga mampu untuk membersihkan kotoran-kotoran pada pori-pori yang terbuka. Campurkan satu sendok madu dengan setengah sendok teh kayu manis, kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Pijat halus selama lebih kurang tiga menit, lalu cuci wajah dengan air hangat.

Putih Telur
Membuat masker dari putih telur juga dapat membersihkan kotoran di pori-pori wajah. Putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya dioleskan ke wajah secara merata. Biarkan masker putih telur kering sekitar 2 atau 3 menit.

Kemudian, ulangi lagi mengoles putih telur dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk membersihkannya. Anda akan merasakan perubahan di wajah menjadi lebih bersih dan lembut.

Tanah Liat
Selain putih telur, Anda juga bisa membuat masker tanah liat untuk membasmi komedo. Tanah liat berfungsi untuk mengeringkan pori-pori yang berminyak dan menghilangkan sisa minyak penyebab komedo dan jerawat.

Campur satu sendok makan tanah liat bubuk dengan cuka apel secukupnya lalu oleskan ke wajah. Tunggu 10-15 menit sampai tanah liat mengering kemudian cuci wajah dengan air hangat.

Oatmeal dan Yoghurt
Siapkan tiga sendok makan yoghurt kemudian campurkan dengan dua sendok makan oatmeal serta tambahkan sedikit tetesan lemon dan minyak zaitun. Oleskan ke wajah dan tunggu beberapa menit, lalu cuci wajah dengan air hangat.

Kunyit dan Mint
Kunyit dan mint mampu membersihkan pori-pori wajah yang menjadi penyebab komedo. Caranya, rebus daun mint dan dinginkan kemudian sisihkan 2 sendok makan yang dicampur dengan bubuk kunyit. Lalu oleskan pada wajah. Tunggu 10 hingga 15 menit, kemudian cuci wajah dengan air hangat. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.