oleh

Anda Kuliah? Ini Tips Agar Nantinya Mudah Mendapatkan Pekerjaan

PortalMadura.Com – Ternyata apa yang dilakukan ketika masih berstatus mahasiswa akan mempengaruhi kesuksesan Anda saat melamar pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Braun Research, saat ini perusahaan lebih memilih pelamar kerja yang pernah mencicipi pengalaman bekerja dan berorganisasi.

Hal ini ditujukan agar para pelamar memiliki rasa disiplin dan rasa tanggung jawab atas tugas yang sudah diberikan nantinya. Pelamar yang akrab dengan pasar kerja juga dianggap lebih menonjol dan berpeluang mendapatkan pekerjaan.

Mumpung Anda masih kuliah, persiapkan diri untuk menghadapi persaingan dalam mencari pekerjaan dengan melakukan hal berikut, seperti dilansir dari Reader Digest, Selasa (24/7/2018).

Lakukan pekerjaan sampingan di waktu luang sambil Anda kuliah

Jika anda menunggu pekerjaan sampai anda lulus kuliah itu dianggap kurang bijaksana. Sebagian besar mahasiswa tidak memikirkan tentang karier sampai mereka lulus dan terdesak oleh keadaan. Ada begitu banyak pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan dan tidak terlalu memakan waktu.

Ambillah pekerjaan sampingan di sela-sela waktu kuliah seperti menjadi tutor bimbingan belajar, penulis lepas, penerjemah, berjualan online, menjadi seorang waiters atau pegawai cafe, membuka usaha bersama teman-teman kuliah, atau pekerjaan lainnya.

Pilihlah jenis pekerjaan yang Anda sukai, dan pilihlah pekerjaan yang tidak mengganggu aktifitas utama anda yaitu kuliah. Dan usahakan pekerjaan yang anda cari sesuai dengan prospek dari progam studi yang anda jalani saat diperkuliahan.

Jika tidak,hal tersebut tidak masalah karena pekerjaan apapun yang anda jalani akan berdampak positif bagi anda asalkan pekerjaan tersebut halal dan tidak merugikan orang lain.

Bagi para pekerja profesional, networking merupakan hal yang sangat utama dalam mendukung karier. Menurut survei yang dilakukan oleh Adecco, sekitar 70 persen pekerjaan ditemukan melalui jaringan.

Dua puluh sembilan persen responden mengatakan mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu membangun jaringan profesional yang solid. Sejak masih berstatus mahasiswa, Anda sebaiknya mulai membangun koneksi yang solid dengan orang-orang yang dihormati, pakar dan alumni yang terlibat dalam bidang pekerjaan yang Anda minati nantinya.

Hal ini akan memudahkan anda nantinya dalam mencari pekerjaan.

Kelompok, klub, acara, dan kegiatan di dalam kampus adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan pengalaman yang nantinya bisa diterapkan di dunia kerja.

Pengalaman merencanakan konser di kampus atau menjadi panitia orientasi mahasiswa baru bisa membuat CV Anda terlihat menonjol.

Perusahaan tentunya ingin mempekerjakan orang yang mengerti bagaimana mengelola proyek, bekerja bersama orang yang sulit, dan membangun kemampuan komunikasi mereka.

Semua hal ini juga bisa Anda pelajari ketika aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di kampus.(liputan6.com/Anek)


Komentar