Anda Pekerja Kantoran? Ini 4 Cara Pilih Makan Siang Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Anda Pekerja Kantoran? Ini 4 Cara Pilih Makan Siang Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas sering memilih menu makanan yang mudah dan instan untuk makan siang mereka karena keterbatasan waktu dan tempat. Sayangnya, kebiasaan ini bisa berimbas pada kesehatan pekerja.

Sebagaimana sebuah riset membuktikan, bahwa menu makan siang yang tidak sehat berisiko tinggi menyebabkan kegemukan, naiknya tekanan darah dan kolesterol, hingga mengganggu produktivitas. Selain itu, ada juga risiko penyakit tidak menular di masa depan.

Maka dari itu, disarankan membawa bekal makan siang dari rumah agar menu makan siang Anda sehat dan memiliki gizi seimbang. Namun bagi yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir, ada beberapa langkah memilih yang perlu Anda perhatikan. Apa saja?.

Berikut empat cara pilih makan siang sehat bagi pekerja kantoran:

Rencanakan Sejak Pagi
Merencanakan menu makan siang yang sehat akan jauh lebih mudah dilakukan saat sudah sarapan dengan perut kenyang, dibandingkan saat sudah mulai lapar. Saat telanjur lapar, maka pilihan menu makan akan cenderung tidak sehat dan mengandung banyak kalori.

Gizi Seimbang
Makan siang yang baik haruslah memenuhi prinsip gizi seimbang. Dengan kata lain, ada sumber karbohidrat, protein, serat serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Salad dan Smoothies
Tidak ada salahnya menambah salad dan smoothies dalam menu makan siang Anda. Salad dan smoothies dapat menjadi sumber serat yang baik, sekaligus menyegarkan tenggorokan dan mengirit pengeluaran karena salad dan smoothies bisa diperoleh dengan harga murah.

Roti dan Sandwich
Pilih menu roti atau sandwich yang memiliki isi selai kacang, dada ayam atau telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Hindari penggunaan mayonaise dan mentega yang terlalu banyak karena dua bahan tersebut mengandung banyak lemak jenuh. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.