5 Cara Cerdas Didik Anak Supaya Tak Materialistis

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Didik Anak Supaya Tak Materialistis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik buah hatinya agar lebih mengerti tentang nilai-nilai kehidupan. Sebab, setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Untuk itu, hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu menjadikan anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang .

Apalagi perkembangan media saat ini, tidak bisa dipungkiri juga turut berperan dalam pertumbuhan anak-anak. Iklan-iklan yang ada di TV maupun media sosial tidak jarang jadi salah satu penyebab munculnya sifat materialistis pada anak. Sangat miris jika sedari kecil anak sudah diajarkan pada hal-hal yang menjurus pada uang. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas orang tua untuk menanamkan paham kehidupan bahwa tidak semuanya yang berbau materi itu penting.

Berikut ini lima hal yang bisa diajarkan oleh orang tua pada anak agar tidak jadi sosok yang materialistis:

Mengajarkan Anak untuk Bersyukur
Selalu bersyukur dan berpikir positif dalam hidup akan membuat siapa saja jadi bahagia. Materialisme berasal dari keadaan ketidakpuasan atau ketidakbahagiaan, dan selalu kurang karena melihat orang lain lebih. Karena itu, mengajarkan anak selalu bersyukur jadi poin yang sangat penting.

Mengajarkan bahwa Kesenangan tidak Semuanya Bisa Diukur dengan Materi
Orang tua harus memberikan pemahaman pada anak bahwa kesenangan tidak semuanya bisa diukur dengan uang atau sesuatu yang mahal. Ajarkan bahwa dengan hal yang murah atau bahkan gratis, anak-anak sudah bisa merasa fun dan bahagia. Seperti bernyanyi atau menari bersama, menggambar atau melakukan kegiatan seni yang costless akan jadi ide yang sangat baik dibandingkan berjalan-jalan ke mall.

Memberikan Reward berupa Pengalaman
Mendidik anak dengan memberikan hadiah memang baik untuk memotivasi. Namun, ada kalanya hal ini akan membuat mereka jadi matre. Nah, alih-alih memberikan barang, ada baiknya untuk memberikan reward berupa pengalaman yang tidak diukur lewat uang.

Orang tua bisa berjanji untuk mengajaknya piknik melihat hewan-hewan atau mungkin ke taman hiburan saat ia mendapatkan prestasi yang membanggakan. Hal ini akan lebih mendidik anak agar tidak matre dan mengukur segala sesuatunya lewat uang.

Orang Tua harus Pandai Menjaga Perkataan
Jangan sampai saat anak di dekat orang tua membicarakan soal hal-hal yang menyangkut materi. Hindari pula didikan bahwa memiliki beberapa produk tertentu akan membuat mereka dikelilingi oleh lebih banyak orang. Anak akan meminta hal-hal baru seperti yang dimiliki oleh teman-temannya. Tidak jarang, mereka juga akan meminta orang tuanya memberikan barang yang lebih baik daripada benda-banda milik temannya.

Ajari Anak jadi Sosok Dermawan
Anak juga cenderung akan lebih meniru orang tua mereka. Karena itu, lebih baik lakukan tindakan bersedekah langsung di depan anak daripada hanya bercerita. Misalnya, mengajari anak untuk berbagi kue dengan tetangga, bersilaturahmi dengan berkegiatan bersama orang-orang di lingkungan rumah, dan lain sebagainya.

Memang mendidik anak butuh proses. Karena itu, setiap orang tua juga harus senantiasa bersabar dalam menanamkan nilai-nilai hidup yang baik untuk buah hati mereka. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.