Anda Pengguna Motor Matik? Perhatikan 4 Komponen Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Pengguna Motor Matik? Perhatikan 4 Komponen Berikut!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini motor jenis skuter matik (skutik) memang sangat digemari dan menjadi favorit masyarakat dalam memilih sepeda motor. Hal ini, karena skutik lebih simple dan tidak ribet.

Namun, bukan berarti skutik tanpa kekurangan. Motor skutik juga tetaplah motor yang sejatinya juga perlu perhatian. Bahkan, masih banyak pihak yang tidak mengetahui jika skutik bukan tanpa masalah. Sebab, ada sejumlah perangkat pada skutik yang pendek usianya.

Baca Juga

Berikut empat komponen skutik yang sering bermasalah:

Drive Belt
Onderdil yang satu ini, memang diketahui merupakan salah satu kelemahan pada skutik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu. Jika putus, bukan hanya motor tidak bisa jalan, biaya perbaikannya juga mahal.

Ban
Ban pada skutik juga dianggap lemah, karena lebih cepat botak ketimbang ban motor sport. Ini terjadi karena diameter ban pada skutik yang lebih kecil, sehingga ban akan berputar lebih banyak dan aus bakal lebih cepat.

Kampas Rem
Hal ini terjadi karena biker yang membesut skutik lebih doyan menarik tuas rem. Malah banyak ditemukan di jalan, tetap tarik tuas rem meski skutik lagi berjalan normal. Kebiasaan ini lah yang biasanya bikin kampas rem jadi cepat habis.

Kopling
Prinsip kerja kopling sebenarnya mirip dengan jenis motor lainnya. Tetapi karakteristik kopling di skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya. Kalau Anda tidak rajin memeriksanya secara berkala, siap-siap saja untuk mengeluarkan uang tambahan untuk membeli suku cadang baru. (viva.co.id/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.