Anda Sering Kesemutan? Jangan-jangan….

Avatar of PortalMadura.com
Anda Sering Kesemutan? Jangan-jangan....
kaki kesemutan

PortalMadura.Com – Anda pernah merasakan akibat duduk terlalu lama?. Duduk terlalu lama dalam posisi tertentu seperti bersila, kaki tertindi, menggantung, dan lain sebagainnya, bisa mengakibatkan kesemutan, terlebih jika dilakukan tanpa berganti posisi dan dalam waktu lama.

Kesemutan atau dalam istilah medis disebut parestesia, merupakan satu kondisi dimana kita mengalami mati rasa atau kadangkala rasa sakit seperti ditusuk-tusuk pada kaki/tangan atau organ yang lainnya.

Mungkin terlihat sepele, namun Anda harus waspada terhadap kesemutan, jika berlangsung lama atau tak kunjung sembuh, bisa jadi merupakan tanda adanya gangguan syaraf yang lebih permanen. Berikut beberapa penyakit dengan gejala kesemutan.

Syaraf Terjepit

Syaraf tersebut mengakibatkan salah satu bagian syaraf keluar dari jalur, sehingga terjadi tekanan pada bagian syaraf yang lain. Ketika mengalami syaraf terjepit pada punggung, biasanya akan mengakibatkan kesemutan pada kaki.

Stroke

Penyakit stroke terjadi akibat terhentinya pasokan darah pada otak. Stroke termasuk satu penyakit yang memiliki gejala awal kesemutan. Sering kesemutan pada kaki saat duduk lama, hal tersebut disebabkan berkurangnya pasokan darah yang mengaliri syaraf bagian kaki dan tangan.

Diabetes

Penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil yang memasok syaraf pada jari tangan dan kaki. Jika Anda sering mengalami kesemutan/mati rasa/nyeri, waspadai jangan-jangan Anda tengah menderita diabetes.

Malnutrisi

Kesemutan pada kedua kaki juga bisa disebabkan malnutrisi atau kekurangan vitamin B1, B6 dan B12. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum suplemen vitamin B kompleks atau memakan makanan yang mengandung sumber vitamin B kompleks.

Tumor Otak

Kesemutan pada kaki bisa jadi merupakan gejala awal penyakit tumor otak. Tetapi, biasanya kondisi ini disertai gejala serius lainnya, seperti mual, muntah, sakit kepala, gangguan mata, kejang, dan lainnya.

Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Meminum obat – obatan tertentu, seperti antibiotic, kemoterapi, obat kejang dan lainnya bisa mengakibatkan kesemutan pada kaki akibat efek samping.

Tips sederhana untuk mencegah kesemutan pada kaki bisa dicegah dengan cara sederhana. Anda hanya perlu menjaga gaya hidup sehat, rutin berolahraga, minum air putih cukup, menjaga pola makan sehat, menghentikan kebiasaan tak sehat/buruk, ganti posisi duduk, dan masih banyak cara lainnya.(viva.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.