Anda Sering Minum Soda? Ini Pembahasannya dalam Bidang Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Sering Minum Soda? Ini Pembahasannya dalam Bidang Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Air soda (seltzer water) bisa menjadi cara yang baik untuk tetap terhidrasi, terutama jika Anda tidak berminat untuk minum air putih biasa. Air soda adalah air karbonat (karbonasi) yang mengandung karbon dioksida (CO2). Ini karena rasanya yang netral. Air soda kadang-kadang ditambahi perasa buah alami.

Air soda tidak secara langsung dapat dikatakan sehat atau tidak sehat. Bagi orang yang kesulitan minum air putih yang cukup, air soda mungkin memberikan sedikit tekstur atau rasa khusus yang mendorong tubuh terhidrasi tetap baik.

“Air soda dapat mendorong siapa pun untuk minum air,” kata ahli terapi nutrisi Jenna Hollenstein dari New York, Amerika Serikat, dikutip dari Healthline, Senin (10/9/2018).

Setiap merek air soda yang dipasarkan tidak sama dalam kandungan. Anda sebaiknya membaca label untuk memeriksa nutrisi.

Beberapa merek dapat mengandung perasa buatan dan tambahan gula. Lalu, hati-hati dengan air soda perasa karena ada gula tambahan, yang juga mengandung kalori dan dapat memengaruhi penyerapan energi.

“Pemanis buatan yang ditambahkan pada air soda dapat memiliki efek lain, seperti bakteri usus yang berubah dan distorsi (penyimpangan) rasa,” tambah Hollenstein.

Rachel Stahl, ahli diet dari New York menyarankan, periksa kalori sebelum meneguk air soda.

“Seltzer dalam bentuk yang paling alami (tanpa tambahan perasa) memiliki kadar nol kalori. Jadi, jika Anda melihat kalori tampak tinggi, kemungkinan ada sedikit tambahan gula yang dimasukkan,” ujar Stahl.

Penting untuk dicatat bahwa minuman yang dibuat dengan air soda tidak selalu sehat atau bebas kalori.

“Pilihlah air soda alami. Hindari produk apa pun dengan bahan tambahan (gula tambahan atau pemanis buatan),” kata Stahl.

Hollenstein dan Stahl melihat air soda begitu populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini termasuk kehadiran jenis minuman beralkohol. Ada bahaya dalam minum air soda beralkohol secara teratur.

Alkohol juga mempengaruhi hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang dan rasa lapar.

“Ada juga laporan, minuman air soda beralkohol dapat menyebabkan orang untuk minum lebih dari yang direkomendasikan. Penting untuk minum secukupnya,” tambah Stahl.

Itulah Pembahasan dalam bidang kesehatan. Semoga bermanfaat, dan konsumsilah air/minuman bersoda sesuai dengan kebutuhan (tidak berlebihan). (liputan6.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.