Anda Susah Tidur? Atasi Dengan Berjemur di Pagi Hari

Avatar of PortalMadura.Com
ilustrasi content.rajakamar
ilustrasi content.rajakamar

PortalMadura.Com – Membahas tentang sinar matahari, yang di benak banyak orang mungkin adalah sinar ultra violet yang buruk bagi kulit. Padahal sinar matahari, terutama sinar matahari pagi, banyak bermanfaat begi kesehatan. Sinar matahari pagi merupakan sumber utama vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

Selain itu ada sederet khasiat lainnya, yang menjadi alasan mengapa Anda harus lebih sering berjemur di bawah sinar matahari pagi, sebagaimana dilansir Medicmagic.

1. Membuat tidur lebih nyenyak
Paparan sinar matahari memicu produksi melatonin yang membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Dan produksi melatonin tergantung seberapa banyak tubuh bermandikan sinar matahari pagi.

2. Menurunkan berat badan
Hal ini dapat dikaitkan dengan poin satu, yakni ketika seseorang cukup tidur maka metabolisme tubuhnya akan berjalan lebih lancar sehingga tidak terjadi penimbunan lemak dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan hubungan signifikan antara jumlah paparan matahari dengan indeks berat badan seseorang.

3. Memperkuat tulang
Anda mungkin sudah tahu, vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang digunakan untuk memperkuat dan menyehatkan tulang. Vitamin D juga bisa didapat dari ikan, tapi matahari adalah yang sumber terkaya dan paling tersedia.

4. Melindungi dari penyakit
Penelitian terbaru mengungkapkan orang-orang yang kekurangan vitamin D lebih berisiko mengalami penyakit berat seperti jantung dan kanker.

5. Mencegah penyakit autoimun
Ini adalah salah satu manfaat terbesar sinar matahari. Sinar matahari mencegah sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu reaktif dan hiperaktif.  Jadi mulai sekarang, bangunlah di pagi hari dan sambut sinar matahari untuk kesehatan Anda. (magicmedic.com/suara.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.