oleh

Anggaran Pengeboran Air Rp 2,6 Miliar Fokus di Tiga Desa

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan melakukan pengeboran sumber mata air di tiga desa pada tahun 2021.

Tiga desa tersebut meliputi Desa Terrak, Mangar dan Desa Bandaran Kecamatan Tlanakan dengan anggaran sebesar Rp 2,6 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021.

“Karena di tiga desa itu kesulitan air saat musim kemarau. Makanya, untuk mengurai kekurangan air bersih di zona selatan kita lakukan pengeboran,” ujar Kepala DPKP Pamekasan, Muharram, Senin (17/5/2021).

Muharram memastikan, program tersebut akan terealisasi tahun 2021 yang saat ini masih dalam tahap persiapan. Hasil dari pengeboran air nantinya akan dikerjasamakan dengan perusahaan daerah air minum (PDAM) agar bisa dikelola secara profesional.

“Sebelumnya belum tersentuh DAK, nanti kita berkolaborasi dengan PDAM. Semoga proses pengeborannya berjalan lancar,” harapnya.

Menurutnya, jangkauan air kepada rumah-rumah warga nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan airnya. Sehingga, sebelum proyek tersebut berjalan terlebih dahulu dilakukan analisa lapangan.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar