oleh

Dibalik Rasanya Yang Sedikit Pahit, Teh Barley Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Teh barley merupakan salah satu jenis teh yang populer di negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan, dan China. Selain dikenal dengan nama teh barley, teh ini juga kerap disebut dengan nama boricha, mugicha, atau damai cha.

Tidak seperti kebanyakan teh yang terbuat dari daun atau bunga, teh barley terbuat dari biji barley. Selain itu, teh ini juga memiliki rasa dan aroma yang unik serta menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (17/5/2021), ini manfaat yang diperoleh dari konsumsi teh barley antara lain:

Mencegah Kerusakan Sel-sel Tubuh

Teh barley kaya akan antioksidan yang berperan untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Selain itu, teh barley juga mengandung antioksidan quercetin yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah tetap normal, dan menjaga kesehatan otak.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bila diminum tanpa tambahan apa-apa, teh barley mengandung nyaris 0 kalori. Mengonsumsi teh ini kurang lebih sama dengan mengonsumsi air sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian. Hal ini sangat penting pada penurunan berat badan yang sehat.

Menjaga Kesehatan Mulut

Rutin minum teh barley akan memiliki plak gigi yang lebih sedikit daripada yang tidak meminumnya. Selain itu, teh ini juga mampu membunuh bakteri jahat pada air liur yang dapat menimbulkan masalah pada mulut.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh barley diketahui mengandung banyak hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jadi, minum teh ini dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Mencegah Kanker

Karena kaya akan antioksidan, teh barley juga diduga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih menyeluruh untuk mengonfirmasi manfaat teh barley dalam mencegah kanker.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar