oleh

Angkat Sel Kulit Mati di Wajah dengan 7 Cara Ini

PortalMadura.Com – Salah satu penyebab masalah pada wajah yaitu sel kulit mati. Hal mendasar yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu mencuci wajah tiap hari. Namun, ada beberapa cara alami yang harus rutin dilakukan agar sel kulit mati bisa terangkat.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengangkat sel kulit mati.

Selamat Ibadah Puasa

Masker Minyak Zaitun dan Gula Pasir

Gabungan keduanya cocok untuk segala jenis kulit wajah. Minyak zaitun bagus untuk melembapkan kulit, sementara partikel yang ada dalam gula dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Cara ini bahkan juga bagus diaplikasikan pada bibir. Dalam penggunaan masker ini, tambahkan sedikit air perasan lemon. Usapkan dan pijat wajah secara merata. Bilas dan kemudian keringkan dengan lembut. Lakukan tips ini secara rutin dua kali dalam seminggu.

Masker Oatmeal, Madu dan Plain Yogurt

Tekstur oatmeal yang kasar dan kandungan saponinnya bisa membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada segala jenis kulit wajah. Selain itu, vitamin dan mineral dalam oatmeal juga baik untuk kulit. Ditambah dengan kandungan protein pada oatmeal yang berguna untuk menjaga kulit lembap lebih lama.

Cara menghilangkan kulit mati di wajah menggunakan masker oatmeal bisa dimulai dengan mencampur 2 sendok makan oatmeal instan, 2 sendok makan plain yogurt, dan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk. Oleskan masker tersebut ke wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukanlah dua kali dalam seminggu secara rutin.

Masker Kopi

Selain dapat membantu menghilangkan kulit mati, kandungan pada kopi juga dapat merangsang produksi sel kulit baru. Bukan hanya itu, flavonol yang terkandung dalam bubuk kopi dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kulit tetap bercahaya.

Cara mengangkat sel kulit mati dimulai dengan mencampurkan 3 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan gula halus, dan aduk hingga merata. Pijatkan masker pada wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Kemudian, diamkan selama 5 hingga 10 menit. Setelah mengering, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut. Masker kopi ini juga bisa digunakan untuk daerah leher, siku dan tumit, atau daerah kulit lain yang rentan masalah.

Masker Almond

Kacang almond merupakan salah satu bahan yang bagus untuk memanjakan kulit. Kacang ini kaya akan antioksidan vitamin A dan E. Juga, mengandung lemak sehat yang membantu menjaga kulit tampak sehat dan awet muda. Sifat kasar pada almond dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Selain kacangnya, minyak almond juga bermanfaat untuk kulit. Minyak almond memiliki sifat emolien dan sclerosant yang mencerahkan kulit.

Cara membuat masker dari almond, dengan rendam 10 almond dalam air selama semalam. Anda juga dapat merendam almond dalam susu, untuk hasil yang lebih baik. Setelah direndam, kupas kulitnya dan giling almond hingga menjadi pasta.

Yogurt

Minuman fermentasi ini bermanfaat dalam menghilangkan sel kulit mati. Asam laktat dalam yogurt dapat mengangkat sel kulit mati secara efektif. Asam laktat juga bisa mencerahkan warna kulit. Yogurt juga dapat meningkatkan kelembapan, kecerahan, dan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan kulit mati dengan yogurt mudah, yang perlu anda lakukan adalah mencampurkan yogurt dan air mawar dengan jumlah yang sama. Campurkan pula 1 sendok teh vegetable glycerin dan aduk rata. Kemudian oleskan masker pada di wajah .

Teh Hijau

Jika minum teh hijau untuk kesehatan tubuh, jangan buang kantong teh tersebut. Manfaatkan kantong teh bekas menjadi scrub kulit buatan sendiri, lho.

Tekstur daun teh hijau yang agak kasar dapat membantu mengelupas kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah. Manfaat teh hijau juga meningkatkan warna kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan membuat kulit sehat. Teh hijau juga berpotensi sebagai antiinflamasi dan antikarsinogenik.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Fimela.Com

Komentar