Apakah Anda Termasuk Orang Tua Hebat? Cek Tandanya di Sini

Apakah Anda Termasuk Orang Tua Hebat? Cek Tandanya di Sini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya menjadi orang tua tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak suka dan duka yang harus dilalui untuk menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. Karena, hasil didikan orang tua sangat berpengaruh pada pola pikir anak dan perkembangannya.

Ada banyak hal yang harus dipelajari dan diajarkan pada si kecil. Apabila orang tua sudah memberikan manfaat yang baik pada anak maka dia termasuk orang yang hebat. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah merasa menjadi orang tua yang hebat bagi anak?.

Jika Anda penasaran seperti apakah orang tua yang hebat itu. Berikut ini ada beberapa tanda yang dapat Anda ketahui:

Memiliki Kesabaran yang Tinggi
Saat menghadapi satu masalah Anda selalu sabar. Menghadapi anak yang ngambek, Anda mampu bertindak dengan tenang dan tidak perlu merasa panik. Saat Anda memiliki kesabaran yang tinggi, itu artinya Anda adalah orangtua yang hebat.

Biarkan Si Kecil Menyelesaikan Masalahnya
Saat si kecil mengalami kesulitan, tidak perlu panik dan terburu-buru membantu si kecil untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Biarkan anak belajar untuk menjadi pribadi yang tangguh dengan menyelesaikan masalah.

Mengenalkan Permainan Sesuai dengan Umurnya
Tidak perlu tergesa-gesa memberikan mainan yang tidak sesuai dengan umurnya, hanya demi memenuhi gengsi dan ego Anda. Hanya karena anak dari teman atau saudara memiliki mainan baru, bukan berarti Anda harus memberikan hal yang sama juga. Sesuaikan mainan dengan umurnya ya.

Belajar untuk Tanggung Jawab
Ajari anak untuk belajar tanggung jawab. Mulai dari hal yang sederhana, seperti membereskan kembali mainan yang sudah dipakai. Mengajak ia untuk ikut merawat dan membersihkan rumah.

Stop Membandingkan
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anak itu istimewa, maka stop membandingkannya. Jangan membuat ia merasa rendah diri dan kurang percaya diri. Membandingkan anak justru akan menghambat perkembangan pribadinya.

Dengarkan Kata Mereka
Tidak hanya orang dewasa saja yang butuh didengarkan. Anak-anak pun butuh untuk didengarkan. Berikan perhatian dan luangkan waktu Anda untuk mendengarkan semua cerita yang ingin ia sampaikan.

Gemar Memberikan Pujian
Setiap anak gemar dipuji, maka tunjukkan antusiasme Anda terhadap prestasi si kecil dengan memberikan pujian kepadanya. Tidak harus menunggu si kecil melakukan hal yang hebat untuk memberikan pujian. Saat si kecil dapat membetulkan tali sepatu tanpa bantuan orang lain pun dapat Anda apresiasikan. Asalkan pujian yang Anda berikan tidak berlebihan, sewajarnya saja.

Itulah tujuh tanda jika Anda adalah orangtua yang hebat. Apakah Anda termasuk bagian dari tujuh hal itu?. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadikan Anda sebagai orang tua yang pandai mendidik anak. (vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.