Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April

Avatar of PortalMadura.com
Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April
Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April

PortalMadura.com-Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Lebaran akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Bulan sabit Syawal telah terlihat di Arab Saudi dan hal ini menjadi alasan penetapan tanggal tersebut. Dilansir oleh HindustanTimes, pada Kamis (20/4) malam kemarin, bulan sabit Syawal tidak terlihat sehingga menimbulkan kecemasan bagi umat Muslim tentang perayaan Idul Fitri.

Menurut laporan astronomi, bulan sabit Syawal hanya bisa terlihat sekitar 0,2% tepat setelah matahari terbenam, dan kemungkinan besar tidak bisa terlihat selama beberapa menit setelah matahari terbenam pada Kamis 20 April di Mekkah, Arab Saudi. Hal ini dikarenakan adanya gerhana matahari total hibrida yang jarang terjadi. Gerhana ini juga dikenal sebagai gerhana matahari annular-total.

Namun demikian, pantai Barat Amerika Serikat kemungkinan besar dapat melihat bulan sabit Syawal terlihat sekitar 1% dan sedikit lebih tinggi di langit setelah matahari terbenam sekitar 10 jam kemudian.

Pada hari Jumat, 21 April 2023, bulan sabit Syawal kemungkinan akan lebih mudah terlihat dari manapun di seluruh dunia karena akan diterangi sebanyak 2,4% dari Mekah dan biasanya akan lebih tinggi dan lebih terang di langit setelah matahari terbenam. Sedangkan di pantai barat AS, kemungkinan hanya diterangi sebanyak 4%.

Sementara itu Komite pusat pengamatan hilal di telah mengumumkan bahwa Idul Fitri akan dirayakan pada Sabtu, 22 April. Hal ini disebabkan karena tidak terlihatnya bulan sabit muda pada Kamis malam yang merupakan tanda awal dari masuknya bulan Syawal.

Seperti di Indonesia, puasa Ramadan di Pakistan juga akan berlangsung selama 30 hari. “Kami tidak mendapatkan kesaksian terlihatnya bulan Syawal di seluruh negeri. Oleh karena itu, Idul Fitri akan dirayakan pada Sabtu, 22 April,” kata Maulana Abdul Khabeer Azad yang menjabat sebagai ketua komite seperti dilaporkan oleh Geo News.

Dengan demikian, Pakistan akan merayakan Idul Fitri bersama-sama dengan Indonesia, , Singapura, , , Thailand dan Australia pada akhir pekan ini.

Di Indonesia sendiri, penetapan hari raya Idul Fitri telah diumumkan oleh Kementerian Agama pada Kamis malam setelah dilakukan pemantauan hilal di ratusan titik di seluruh Indonesia dan digelarnya Sidang Isbat. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.