AS: Denuklirisasi Korea Utara Kemungkinan pada 2021

Avatar of PortalMadura.com
AS Denuklirisasi Korea Utara kemungkinan pada 2021
Ilustrasi: Reaktor nuklir. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, berharap untuk mengakhiri ambisi nuklir sebelum berakhirnya masa jabatan pertama Presiden Donald Trump pada Januari 2021, menyusul yang gagal bulan lalu, menurut kantor berita Jepang Kyodo.

“AS bertujuan untuk melakukan pada akhir masa jabatan pertama Presiden pada Januari 2021,” kantor berita Jepang Kyodo mengutip ucapan seorang diplomat AS yang tidak disebutkan namanya. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (10/3/2019).

Pernyataan AS itu muncul di tengah laporan bahwa Korea Utara sedang memulihkan sebuah bangunan tambahan dari fasilitas peluncuran rudal jarak jauh Dongchang-ri yang sebagian telah dibongkar Tahun lalu.

Proses denuklirisasi melibatkan pemindahan hulu ledak nuklir dan material fisik, menghancurkan rudal balistik antarbenua dan secara permanen membekukan semua senjata lain dari program pemusnah massal, seorang pejabat AS mengatakan kepada wartawan.

“Dalam pandangan kami, itu masih bisa dilakukan dalam masa jabatan pertama Presiden dan itulah yang kami dorong sangat keras dengan lawan bicara kami dari Korea Utara untuk bisa mencapainya,” kata pejabat AS itu.

Kyodo juga mengutip Penasihat Keamanan Nasional John Bolton yang mengatakan bahwa presiden AS terbuka untuk mengadakan pembicaraan lebih lanjut dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengenai denuklirisasi, meskipun pertemuan mereka yang kedua minggu lalu gagal.

Trump dan Kim tiba-tiba menghentikan pembicaraan mereka di KTT Hanoi pada 28 Februari, di mana Trump mengatakan dia tidak dapat memenuhi permintaan pencabutan sanksi sepenuhnya terhadap Pyongyang untuk denuklirisasi.

Klaim Presiden tersebut dibantah oleh Korea Utara.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.