Asah Kemampuan Seni Bela Diri Personel Polres Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Asah Kemampuan Seni Bela Diri Personel Polres Sumenep
ujian seni bela diri personel Polres Sumenep (Ahmat Jani @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sebanyak 177 personel , Madura, Jawa Timur, mengikuti ujian bela diri Polri periodik semester II tahun 2022.

“Ujian bela diri dilakukan untuk optimalisasi pemeliharaan peningkatan kemampuan bela diri personel Polres Sumenep,” kata Kabag SDM Polres Sumenep Kompol Puryanto, Rabu (9/11/2022).

Ujian itu berlangsung di gedung Indoor GOR A. Yani Panglegur, Sumenep. Dari 771 personel itu, mulai pangkat Bripda sampai dengan AKP.

Rinciannya, AKP 26 personel, Iptu 17 personel, Ipda 19 personel, Aiptu 106 personel, Aipda 164 personel, Bripka 195 personel, Brigpol 27 personel, Briptu 92 personel, dan Bripda 125 personel.

Puryanto menjelaskan, ujian bela diri Polri digelar selama 6 hari dengan 13 komponen penilaian kinerja yang dikelola oleh bagian SDM Polres Sumenep.

Penilaian tersebut dilakukan secara berkala dengan menggunakan kategori B (baik = 61-80), C (cukup = 51-60), K1 dan K2. Lalu dilaporkan ke Polda Jawa Timur.

Para peserta ujian seni bela diri, diawali dengan pengecekan kesehatan. Menurutnya, jika dari hasil pengecekan kesehatan dinyatakan lolos dan bisa mengikuti ujian, peserta akan mengikuti pemanasan yang dipimpin oleh instruktur.

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S menambahkan, anggota Polri harus mampu dan menguasai bela diri karena tuntutan tugas di lapangan, sehingga meski bersifat periodik tetap wajib diikuti oleh seluruh personel.

“Bela diri ini menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik. Baik dengan tangan kosong maupun dengan alat untuk melumpuhkan lawan dengan tujuan Keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.