Atasi Insomnia dengan Senam Yoga Selama Masa Kehamilan

Avatar of PortalMadura.Com
Atasi Insomnia dengan Senam Yoga Selama Masa Kehamilan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Insomnia bisa diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mempraktikkan gerakan yoga tertentu yang dipercaya memudahkan kita untuk terlelap sehingga tidak lagi mengalami kesulitan ketika tidur. Kadar hormon yang berubah menjadi alasan para ibu hamil tidak bisa tidur nyenyak.

American Pregnancy Association menjelaskan, sakit punggung, nyeri ulu hati, kecemasan, kerap buang air kecil sepanjang malam dan ketidaknyamanan karena ukuran perut yang meningkat dapat menyebabkan insomnia selama kehamilan.

Untuk mengatasi kondisi ini, mayoritas dokter menyarankan wanita hamil untuk menghindari penggunaan obat tidur dan beralih melakukan teknik relaksasi. Seperti halnya yoga. Bahkan, banyak dokter mendorong wanita hamil untuk melakukan yoga pranatal.

Yoga pranatal dapat membantu mempertahankan tekanan darah yang lebih rendah hingga memiliki tingkat pertumbuhan janin yang lebih baik. Namun, ada jenis yoga tertentu (power, ashtanga dan bikram) serta pose khusus, terutama yang melibatkan tekanan pada perut atau melompat, memutar, berbaring telentang harus dihindari.

Seorang instruktur dalam prenatal yoga akan dapat membantu wanita hamil menemukan modifikasi untuk setiap pose. Selain yoga, insomnia juga bisa diatasi dengan teknik relaksasi lainnya. Ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia selama masa kehamilan, salah satunya dengan mencoba tidur di posisi berbeda, Rileksasi sebelum tidur baik dengan pijatan atau mandi air panas. Jika masih belum bisa tidur, pertimbangkan untuk membaca buku, makan camilan kecil, atau minum susu hangat serta teratur berolahraga di siang hari.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.