Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya
Ilustrasi (otoloka)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Audio merupakan salah satu komponen mobil yang punya peran penting untuk hiburan selama perjalanan. Oleh karena itu, perangkat audio di dalam mobil harus berfungsi dengan baik. Nah, bagaimana jika tiba-tiba audio tidak keluar suara?

Jika hal terjadi, Anda perlu tahu penyebabnya. Apakah itu? Ada beberapa penyebab audio mobil tiba-tiba tidak keluar suara. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari laman Auto2000 dan Yourmechanic, berikut ini penjelasannya:

Blown Fuse alias Sekring Putus

Audio mobil berkaitan dengan masalah kelistrikan. Ketidakstabilan arus listrik juga bisa jadi pemicu suara dari head unit tidak keluar. Sekring berfungsi untuk melindungi komponen listrik dari lonjakan daya, dan akan berfungsi sebagai pengaman jika terlalu banyak arus yang membanjiri sistem.

Salah Pasang hingga Kabel Putus

Salah satu penyebab audio tidak keluar suara ialah terjadi konsleting di sistem audio. Penyebabnya, selain kabel digigit hewan pengerat, pemasangan perangkat audio seperti speaker, subwoofer, dan power amplifier yang tidak rigid alias mudah terguncang juga jadi penyebab kabel putus.

Jika head unit menyala, tetapi suara tidak keluar. Kemungkinan lain karena kabel speaker yang rusak. Kabel ini berada di dalam kabin, menghubungkan dari head unit atau head unit ke setiap speaker.

Di sisi lain kabel putus juga jadi pemicu sekring putus. Bahkan usai sekring diganti, umur dari sekringnya juga lebih cepat tutup usia. Jadi perlu waspada bagi pemilik mobil yang sudah mengalami kejadian seperti ini.

Perangkat Audio Berdebu

Debu merupakan musuh besar segala sistem mekanis dan kelistrikan. Ketika debu mulai menumpuk banyak fungsi-fungsi terhambat dan tak bekerja dengan baik.

Apalagi perlu Anda ketahui bahwa sistem audio itu memiliki penutup yang rapat. Kalau debu sudah masuk, maka susah keluar dengan sendirinya tanpa ada usaha pembersihan lebih serius. Jadi sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan setiap komponen audio. Dimulai dari head unit, kabel, speaker, dan power unit.

Audio Masih Hidup saat Mematikan Mesin

Ada satu perilaku yang salah dan harus dijauhi sejak sekarang yaitu mematikan mesin mobil dengan kondisi sistem audio masih menyala. Kemudian ketika mobil dinyalakan kembali, sistem audio langsung menyala mendadak. Hal ini akhirnya menimbulkan aliran listrik yang besar.

Kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari ini akhirnya membuat beberapa komponen di dalam sistem audio cepat aus. Mengapa bisa begitu? Tentu saja karena tiap komponen tersebut menerima arus listrik yang hebat dan menghentak secara tiba-tiba. Bahkan kalau perilaku ini tetap dilakukan, maka ada komponen yang berisiko jebol atau hangus.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.