oleh

Aura Keraton Sumenep Bakal Dikembalikan Pada Masa Lalu

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal mengembalikan aura Keraton Sumenep, seperti masa lalu.

“Saya akan berusaha, aura Keraton dikembalikan seperti layaknya sebuah keraton dimasa lalu,” kata Kadisbudparpora, Sumenep, Sufiyanto, Kamis (14/5/2015).

Ia menjelaskan, Labeng Mesem akan difungsikan kembali sebagai pintu masuk bagi para tamu atau wisatawan. Sedangkan pintu barat akan dijadikan pintu keluar.

“Usaha itu sudah saya mulai dengan pembelian tiket ditempat loket yang selama ini tidak difungsikan,” terangnya.

Di pintu masuk (Labeng Mesem) harus sudah terasa aroma wawangean layaknya sebuah keraton ditempo lalu. Selain itu, musik tradisional yang juga digunakan pada masa keraton akan dihidupkan kembali.

Semua situs keraton, kata dia, akan dijadikan satu paket wisata yang ada di kota, termasuk Masjid Agung, Asta Tinggi (pemakaman raja-raja) dan khas Sumenep lainnya.

“Jadi, para pengunjung itu harus sudah merasakan aura Keraton Sumenep sejak mau masuk kota. Mereka juga langsung dikenalkan dengan seni budaya, dan tradisi lain Sumenep,” urainya.

Diakui, untuk melakukan perubahan tersebut butuh proses dan kesadaran serta dorongan dari banyak pihak, khususnya masyarakat Sumenep.

“Saya yakin bisa dan memang waktunya untuk dilakukan, agar aura Keraton itu tetap kental di Sumenep,” pungkasnya.(Hartono)


Komentar