oleh

Awal Tahun 2019, Anggota Dewan Sumenep Berebut Kunker ke Luar Kota

PortalMadura.Com, Sumenep – Anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terkesan hanya berebut Kunjungan Kerja (Kunker) ke luar kota. Pasalnya, memasuki pekan pertama di bulan Februari 2019, tidak satupun agenda kedewanan yang ditetapkan kecuali hanya jadwal kunker ke luar kota dan rencana serap aspirasi (reses) di akhir Februari yang telah ditetapkan.

“Beberapa minggu ini kegiatan anggota dewan adalah kunker untuk persiapan agenda satu tahun ke depan termasuk Program Peraturan Daerah (Properda) 2019,” kata Sekretaris DPRD Sumenep, Mohammad Mulki, Kamis (7/2/2019).

Kegiatan kedewanan di awal tahun ini nyaris fakum, bahkan hasil serap aspirasi (reses) yang digelar November 2018 hingga saat ini belum dilaporkan dalam rapat Paripurna.

“Kegiatan reses yang digelar pada November 2018 hingga saat ini belum dilaporkan dalam paripurna,” ucapnya.

Ia menerangkan, pada awal Februari ini, DPRD melalui Badan Musyawarah DPRD telah mengagendakan penetapan properda, laporan reses, dan penetapan perubahan tatib DPRD, termasuk rencana pergantian Ketua DPRD melalui Paripurna. Namun, rapat paripurna tersebut gagal digelar karena tidak memenuhi kuorum.

“Jadi, hingga saat ini agenda penetapan properda, paripurna reses, pengesahan perubahan tatib, dan pergantian Ketua DPRD belum ditentukan kembali. Rapat Bamus pada tanggal 14 Januari, justru mengagendakan kegiatan perjalanan dinas sejumlah alat kelengkapan baik dalam Provinsi maupun luar Provinsi selama satu tahun,” tegasnya.

Baca Juga: KM Surya Abadi Milik Warga Masalembu Dikabarkan Hilang

Untuk agenda lainnya, lanjutnya, masih menunggu Bamus lagi. Direncanakan pada tanggal 11 Februari akan digelar penetapan Properda dan agenda lainya. “Rencananya, awal pekan depan akan ada penetapan Properda,” tukasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Sumenep, Mohammad Hanafi, enggan berkomentar banyak soal anggota dewan memilih kunker dibanding kegiatan lain memasuki akhir masa jabatan dan menjelang Pemilu 2019. Alasannya, DPRD masih akan menggelar rapat Bamus kembali untuk menentukan jadwal kegiatan Dewan.

“Rencananya Senin depan akan ada rapat Bamus. Setelah Bamus, nanti akan dijelaskan secara lengkap,” ucapnya singkat.

Penulis: Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar