Awal Tahun, Banjir Kepung Jakarta

Avatar of PortalMadura.com
Awal Tahun, Banjir Kepung Jakarta
Hujan deras sepanjang malam pergantian tahun yang melanda Jakarta dan sekitarnya menyebabkan "setidaknya delapan orang meninggal dunia". (sumber foto BNPB dilansir BBC Indonesia)

PortalMadura.Com – Banjir merendam hampir sebagian Jakarta Rabu (1/1/2020) setelah diguyur hujan tanpa henti sehari sebelumnya.

Banjir bahkan melumpuhkan beberapa ruas jalan di Jakarta, termasuk akses menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Perjalanan kereta lintas Jawa juga terpaksa dijadwal ulang karena jalur kereta yang tidak aman untuk dilewati.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta dan BPBD DKI pada Rabu pagi, empat titik pantau pintu air dalam status Siaga 3 atau Waspada, dua titik pantau Siaga 2 atau Kritis dan satu titik pantau keadaan Siaga 1 atau bencana.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan instruksi pada aparatur pemerintah untuk segera turun tangan membantu warga yang terdampak banjir dengan memberi bantuan yang dibutuhkan.

Hal ini disampaikan oleh mantan menteri pendidikan ini lewat pesan suara yang disampaikan oleh Humas Pemprov DKI pada Rabu (1/1/2020).

“Karena itu saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung, datangi kantor kelurahan terdekat, bekerja di bawah koordinasi para lurah, membantu untuk menyelamatkan warga,” kata Anies.

Gubernur Jakarta meminta gedung pemerintahan daerah dan sekolah dijadikan sebagai tempat pengungsian bagi warga yang terdampak banjir.

“Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Seluruh kantor pemerintahan sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian,” kata Anies.

Selain memberikan instruksi pada anak buahnya, Anies juga meninjau kawasan yang dilanda banjir, diantaranya kawasan Cipinang Melayu Jakarta Timur.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta memperbarui data wilayah tergenang akibat hujan deras, yakni menjadi 13 kelurahan dari sebelumnya 8 kelurahan.

Tinggi air bervariasi antara 10 sentimeter hingga lebih dari satu meter.

Jakarta dilanda banjir setelah diguyur hujan sejak sehari sebelumnya.(*)

Detik-detik banjir melanda Jakarta

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.