oleh

Awas, 5 Bahaya Letakkan Ponsel Di Dekat Kepala Saat Anda Tidur

PortalMadura.Com – Apakah sebelum tidur Anda terbiasa untuk memainkan ponsel?. Hingga pada akhirnya Anda meletakan ponsel Anda di dekat kepala Anda. Hal ini tentu Anda lakukan setiap malam, tanpa Anda sadari kebiasaan ini akan membahayakan kesehatan Anda.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Rabu (1/7/2020) lima bahaya terlalu sering meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur.

Selamat Ibadah Puasa

Gangguan Sel Otak

Masalah yang muncul saat Anda meletakkan ponsel di dekat kepala Anda saat tidur, ini bisa menimbulkan gangguan pada sel otak Anda. Ponsel ini bisa memengaruhi susunan saraf hingga bisa menyebabkan tumor bahkan kanker.

Masalah ini lebih rentan terjadi pada anak-anak. Karena tengkorak anak lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda letakkan ponsel di meja dan dijauhkan dari anak Anda saat tidur.

Sulit Tidur

Ponsel menghasilkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi melatonin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur tidur. Cahaya biru ini memncarkan gelombang seperti pada siang hari sehingga tubuh Anda tetap bekerja seperti siang hari. Sebaiknya Anda tidak memainkan ponsel saat hendak tidur. Kualitas tidur yang baik akan mengembalikan energi tubuh Anda.

Menurunkan Kemampuan Konsentrasi

Jika Anda sering kehilangan konsentrasi bisa saja ini disebabkan karena Anda terlalu sering meletakkan ponsel di dekat kepala Anda. Hal ini disebabkan karena ponsel menghasilkan radiasi elektromagnetik yang bisa memengaruhi kualitas tidur. Jika kualitas tidur Anda tidak maksimal maka ini akan memengaruhi konsentrasi Anda saat siang hari.

Mengganggu Ritme Tidur

Saat Anda terlalu asik memainkan ponsel Anda, untuk melihat status dari teman-teman Anda atau bermain aplikasi permainan. Ini akan mengganggu ritme tidur Anda. Sehingga Anda akan lupa pada waktu dan menganggap waktu masih siang hari.

Menyebabkan Kebakaran

Saat Anda meletakkan ponsel di bawah bantal, maka ini akan berpotensi menyebabkan kebakaran. Apalagi Anda sambil mengisi daya ponsel Anda, maka ini akan membuat panas ponsel Anda. Oleh karena itu, ini yang akan membuat ponsel meledak bakan terjadi kebakaran.

Bagi Anda sebaiknya meletakkan ponsel di tempat yang lebih aman, dan jauhkan dari Anda saat tidur minimal satu meter agar radiasi tidak terpancar ke tubuh Anda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com

Komentar