Awas, 7 Kesalahan Ini Terjadi pada Rambut Masih Basah

Avatar of PortalMadura.com
Awas, 7 Kesalahan Ini Terjadi pada Rambut Masih Basah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat rambut dalam keadaan basah, tanpa Anda sadari helainya lebih mudah rapuh. Perlu perlakuan khusus dan halus agar tidak menimbulkan kerusakan saat rambut dalam kondisi basah.

Wajib untuk diketahui, ketika rambut basah, protein yang membentuk keratin akan membentuk ikatan hidrogen yang lebih lemah. Menjadikannya lebih rentan terhadap kerusakan ketika ditarik, ditekuk, dan diperlakukan secara kasar.

Seperti yang dilansir fimela.com dikutip dari Real Simple, setidaknya setiap perempuan pernah melakukan kesalahan dalam perawatan rambut ketika rambutnya masih basah. Untuk mewaspadai kesalahan ini kembali terjadi dan merusak rambut, berikut kesalahan yang sering dilakukan.

Mengurai Simpul Rambut Ketika Masih Basah
Rambut cenderung kusut sebelum dibasahi. Banyak orang yang berpikir jika rambut dibasahi dapat mempermudah mengurai rambut yang kusut. Justru dalam kondisi ini akan membuat rambut lebih mudah rontok. Lebih baik, sisir rambut sebelum keramas.

Baca Juga: Warga Kepanjin Bawa Sabu ke Ruang Penyidik Polres Sumenep

Menggunakan Sisir Lama pada Rambut Basah
Sebenarnya boleh saja menyisir rambut basah selama menggunakan jenis sisir yang tepat. Gunakan sisir yang memiliki bulu terbuat dari nilon, yang mudah dibengkokkan ketika menyisir rambut untuk mengurangi rasa sakit.

Menyisir Terlalu Kasar
Banyak orang yang tidak sabar ketika menyisir rambut setelah keramas. Lebih baik, sisir mulai dari ujung untuk mengurai rambut sedikit demi sedikit. Mengarah ke atas sembari memegang bagian rambut yang sedang disisir.

Menggosok Rambut Terlalu Kasar
Permukaan handuk yang kasar bisa membuat rambut menjadi rusak jika digosokkan terlalu kasar. Itu sebabnya, lebih baik menggunakan kaus berbahan katun daripada handuk untuk mengeringkan rambut.

Menggunakan Alat yang Panas pada Rambut
Cara ini jelas akan merusak rambut. Panas dari alat seakan akan merebus air yang ada pada rambut. Gunakan alat pemanas atau styling rambut hanya ketika rambut sudah benar-benar kering.

Menggulung atau Mengikat Rambut
Elastisitas rambut jelas berubah jika dalam keadaan basah. Ikatan dan tarikan akan meregangkan kekuatan rambut. Lebih baik gunakan pin rambut sembari menunggunya kering.

Blow drying saat Rambut Masih Benar-benar Basah
Sering dikira cara pengeringan yang cukup aman, ternyata blow drying sekalipun bisa merusak rambut. Apalagi jika masih dalam keadaan basah kuyup.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.