oleh

Awas, Ada Virus di Google Play Store Android

PortalMadura.com– Sebuah penemuan mengejutkan di Play Store Android baru-baru ini diungkap, ada aplikasi berbahaya yang menyamar sebagai game dan berhasil melewati pemeriksaan keamanan Google.

Lookout, perusahaan anti-malware, merupakan penemu pertama kali bahwa ada sebuah aplikasi game, yaitu Solitaire yang ternyata mengandung malware.

“Lookout menemukan aplikasi solitaire dalam kategori game di Google Play yang sebenarnya adalah FruitSMS, malware yang melakukan penipuan SMS premium yang biasanya bisa dikirim gratis. Kami memberitahu Google tentang aplikasi berbahaya tersebut dan Google segera menghapus dari Play Store. Semua pengguna Lookout dilindungi dari malware ini” ujar Lookout.

FruitSMS sendiri merupakan malware yang bisa membebankan biaya untuk layanan yang sebenarnya gratis, melalui SMS premium. Malware ini membuat penggunanya menggunakan SMS premium, sehingga tagihan untuk SMS akan meningkat. Uang ini nantinya akan dibayarkan kepada pihak hacker.

Hal ini cukup membuat pusing karena banyak pengguna yang tidak memeriksa pulsa atau tagihannya, sehingga mereka dengan santainya mengirim SMS padahal termasuk kategori premium.

Kejadian ini cukup membuat banyak orang kaget karena Google gagal melindungi pengguna Android dari malware. Untungnya, hanya ada 100 orang yang download game berbahasa Rusia sebelum akhirnya di tarik oleh Google. (merdeka.com)


Komentar