Awas Kamera Tersembunyi di Toilet! Begini 3 Cara Deteksi Pakai Ponsel

Avatar of PortalMadura.com
Awas-Kamera-Tersembunyi-di-Toilet!-Begini-3-Cara-Deteksi-Pakai-Ponsel
Ilustrasi (Pixabay.com)

PortalMadura.Com – Pada beberapa kasus, keberadaan kamera pengintai seperti sangatlah dibutuhkan oleh pemilik rumah, toko ataupun dalam suatu perusahaan. Hal ini tidak lain untuk membantu meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar.

Tapi sayangnya, selain dimanfaatkan untuk hal tersebut, ada sebagian orang yang justru menggunakannya sebagai hal negatif. Misalnya, pernah ditemui kamera pengintai tersembunyi ditemukan di lokasi pribadi di tempat umum, seperti toilet umum atau kamar pas di dalam mal atau toko baju.

Kondisi ini tentu sangat meresahkan banyak orang. Untuk meningkatkan kewaspadaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak kamera pengintai tersembunyi menggunakan smartphone baik Android maupun iOS.

Seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (8/4/2021) dari laman Kompas.com, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Melakukan Panggilan Telepon Seluler

Cara paling mudah dan cepat yang bisa dilakukan untuk melacak kamera pengintai tersembunyi menggunakan ponsel adalah dengan melakukan panggilan seluler.

Umumnya, kamera pengintai tersembunyi akan mengeluarkan frekuensi radio khusus. Saat ada panggilan seluler, frekuensi tersebut akan mengganggu sinyal panggilan seluler.

Apabila Anda mendeteksi sinyal yang tidak stabil atau tersendat di posisi tertentu, Anda bisa mulai curiga barangkali ada kamera pengintai tersembunyi di titik tersebut.

Perlu Anda ingat juga, cara ini butuh kejelian dan kurang akurat. Sebab, dalam area tertentu bisa jadi sinyal seluler memang sulit diakses.

Memindai Wi-Fi

Selain melalui panggilan telepon seluler, ada aplikasi pemindai Wi-Fi yang bisa mendeteksi kamera pengintai tersembunyi. Salah satunya adalah Fing yang tersedia di Apple App Store maupun Google Play Store.

Fing akan memindai seluruh perangkat yang menggunakan sebuah jaringan Wi-Fi. Sebab, kamera pengintai biasanya terhubung dengan jaringan Wi-Fi untuk menayangkan gambar secara real time.

Ketika menggunakan aplikasi ini, sebaiknya matikan koneksi Wi-Fi di perangkat lain yang sedang tidak digunakan supaya kamera pengawas bisa dideteksi dengan lebih mudah.

Setelah memindai area, aplikasi Fing akan menampilkan beberapa perangkat yang sedang terhubung dengan WiFi. Biasanya, perangkat berjenis kamera akan memiliki keterangan “IP Camera…” dan menampilkan nama manufakturnya, seperti Nest, Arlo, atau Wyze.

Gunakan Aplikasi Pendeteksi

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pendeksi kamera pengintai tersembunyi. Ada beberapa aplikasi yang kompatibel dengan iOS maupun Android dan mudah diunduh di Google Play Store maupun App Store.

Misalnya, aplikasi Hidden Camera Detector, yang akan memberi tanda dan bunyi alarm jika mendeteksi infra merah dari kamera pengintai. Kemudian ada aplikasi Glint Finder. Aplikasi ini menggunakan flash kamera ponsel untuk mendeteksi obyek berkilau seperti lensa kamera.

Pengguna kemudian akan diberi notifikasi jika ada risiko dirinya sedang diintai . Ada pula apikasi lain serupa seperti Wireless Camera Detector atau Detectify Hidden Device Detector.

Itulah beberapa cara mendeteksi kamera tersembunyi yang mungkin ada di toilet umum, atau pun tempat tertentu yang mencurigakan. Tetap selalu berhati-hati. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.