Masih Dipercaya, Ini 6 Mitos di Dunia Otomotif

Avatar of PortalMadura.com
Masih Dipercaya, Ini 6 Mitos di Dunia Otomotif
Ilustrasi (detik Oto)

PortalMadura.Com – Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Sehingga terkadang hal itu sejalan dengan dengan beredarnya yang masih perlu dibuktikan kebenarannya.

Ada beberapa mitos di dunia otomotif yang masih diyakini hingga kini. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Motor Biscuit, berikut penjelasannya:

Mobil dengan Bahan Aluminium tidak Sekuat Baja

Sejumlah masyarakat menilai mobil dengan menggunakan bahan alumunium tidak sekuat dengan bahan baja ringan. Mereka beranggapan jika penggunaan baja lebih kokoh dan kuat, sementara aluminium lebih rentan penyok.

Ternyata hal itu tidak terbukti benar setelah Dewan Keselamatan Transportasi di AS melakukan uji tabrak pada sejumlah kendaraan yang menggunakan bahan aluminium dan baja.

Mobil Hybrid Lebih Lambat

Saat kehadiran mobil hybrid pertama kali di pasaran, sejumlah masyarakat menilai jika mobil ini lebih lambat daripada mobil konvensional berbahan bakar. Hal itu memang benar, namun hanya terjadi pada generasi awal mobil hybrid.

Sekarang ini sistem baterai mobil hybrid lebih ringan, efisien dan bertenaga dari generasi sebelumnya, sehingga mobil hybrid saat ini memiliki performa lebih cepat. Secara perlahan hal ini mulai menghapus pandangan jika mobil hybrid lambat.

Mobil Buatan Korea Tertinggal dari yang Lain

Menurut sebagian orang, mobil yang diproduksi oleh perusahaan asal Eropa memiliki tingkatan yang lebih baik ketimbang buatan Korea. Padahal saat ini produsen otomotif asal Korea terus memberikan inovasi pada kendaraannya.

Oktan yang Tinggi Dapat Meningkatkan Tenaga

Performa mesin tidak jarang dikaitkan dengan penggunaan bensin yang dipakai. Menurut sebagian orang, dengan penggunaan bensin dengan oktan tinggi dapat memberikan tenaga lebih maksimal pada kendaraan.

Studi terbaru membuktikan bahwa bahan bakar murah dapat merusak mesin Anda, namun dengan bensin premium kualitas terbaik dapat membantu membersihkan sistem bahan bakar. Namun perlu diingat, penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi dikhususkan dengan mobil tertentu saja.

Tenaga Kuda Lebih Penting daripada Torsi

Selama ini masih banyak masyarakat yang percaya jika hasil tenaga kuda (horse power) lebih penting daripada torsi. Padahal angka torsi yang dihasilkan oleh sebuah mobil juga penting karena banyaknya putaran dalam mobil mampu menghasilkan tenaga yang lebih optimal juga.

Mobil SUV Lebih Mudah Terbalik

Masih sering dijumpai sejumlah mitos yang mengatakan jika mobil SUV lebih mudah terguling. Namun saat ini dengan teknologi yang semakin canggih, risiko mobil SUV terbalik cenderung berkurang.

Berkat kehadiran sistem kontrol traksi yang lebih modern, konfigurasi penggerak semua roda yang diperbarui hingga vektor torsi membuat SUV saat ini bisa mengatasi kelemahan tersebut. Namun demikian bukan berarti mobil jadi tidak bisa terbalik, jika Anda mengalami kecelakaan atau dihempas angin berkecepatan tinggi mobil masih bisa terguling.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.