oleh

Awas! Mobil yang Gunakan Hiasan Dasbor di Wilayah Ini Akan Didenda

PortalMadura.Com – Mobil bawaan dari pabrik rasanya tidak cukup membuat pemilik merasa puas dengan interior kendaraannya. Alhasil, mereka membuatnya sedikit berbeda dari biasanya agar lebih menarik perhatian.

Berbagai cara dilakukan oleh pemilik mobil, mulai dari memasang aksesoris di bagian bodinya hingga di bagian kabin. Salah satu contoh di bagian kabin yaitu memasang beragam hiasan dan aksesori di atas dasbor.

Selamat Ibadah Puasa

Bentuknya bermacam-macam, mulai dari mobil mainan hingga karakter kartun. Menurut mereka, aksesori itu selain bisa membuat pengemudi merasa lebih nyaman, juga memberikan kesan kegembiraan.

Tapi hati-hati di wilayah Kerala, India, pemasangan aksesori ini dianggap sebagai salah satu perbuatan yang melanggar hukum.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, pemerintah Kerala menganggap adanya aksesori di atas dasbor bisa membahayakan pengemudi maupun penumpang.

Ada dua alasan yang dikemukakan, pertama yakni benda tersebut dilihat bisa mengurangi fokus pengemudi. Pantulan bayangannya di kaca dapat membuat pandangan teralihkan.

Selain itu, benda yang umumnya dipasang dengan cara direkatkan tersebut juga berpotensi lepas dan jatuh. Dikhawatirkan pengemudi secara refleks berusaha menahannya, sehingga pandangan tidak mengarah ke depan.

Tidak hanya itu, benda-benda tersebut juga berpotensi lepas dan terlempar ke arah penumpang, apabila terjadi tabrakan. Dampaknya, bisa menimbulkan luka serius.

Meski disediakan tempat khusus untuk menaruh barang, namun pemerintah Kerala menyarankan semua benda bawaan disimpan di dalam kotak yang tersedia di dasbor. Termasuk dompet dan ponsel.

Larangan juga diberlakukan untuk aksesori seperti tirai, yang umum dipasang demi menolak panas dan memberi privasi pada penumpang. Kebanyakan di India yang memakai benda tersebut adalah kendaraan dinas pejabat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Viva.co.id

Komentar