oleh

Ayam Geprek Sambal Tumis, Berani Coba Sensasi Pedasnya?

PortalMadura.Com – Masakan dengan berbahan dasar ayam rasanya tidak pernah sepi peminatnya. Berbagai olahan atau resep baru pun diluncurkan untuk membuat para pecinta ayam tetap menyukainya.

Nah, salah satu masakan baru dari ayam adalah ayam geprek sambal tumis. Bagi Anda penyuka makanan pedas, Anda tidak boleh melewatkan resep sedap dan praktis ini. Mau tahu rasanya?. Yuk coba bikin sendiri di rumah.

Ini dia resepnya;

Bahan-bahan:

800 gr ayam potong, bersihkan
minyak secukupnya

Bumbu Ungkep:

3 siung bawang putih
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar
2 sdt garam
Air secukupnya

Bumbu Sambal:

20 buah cabai rawit
5 buah cabai merah
4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk
3 buah jeruk limau
Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:

Haluskan bumbu ungkep, lalu ungkep ayam dengan bumbu. Tuang air hingga ayam terendam. Masak hingga ayam matang dan kuah berkurang. Tiriskan.

Goreng ayam hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan. Geprek hingga agak hancur. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan bawang merah.

Penyet jeruk limau yang sudah diiris agar segar. Tumis hingga harum. Masukan daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk. Tumis hingga sambal matang.

Masukan ayam geprek dan aduk rata dengan bumbu sambal. Ayam geprek sambal tumis pedas siap disajikan dengan nasi hangat dan lalapan. Siapa yang tak sabar ingin mencobanya?. Selamat menikmati.

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: Okezone.com

Komentar