Babinsa Socah, Bantu Petani Bajak Sawah Tanam Jagung

Avatar of PortalMadura.Com
Babinsa Socah, Bantu Petani Bajak Sawah Tanam Jagung
TNI Bantu tanam jagung

PortalMadura.Com, – Babinsa Koramil 02/Socah jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang dikoordinir Serda Zainorrohman, membantu petani membajak sawah dan menanam bibit jagung milik petani setempat dengan menggunakan traktor modern, seluas 1 hektare.

Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letnan Kolonel Inf Sunadi Istanto mengungkapkan, pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. “Dengan sistim traktor akan mengubah sifat fisik tanah, yang semula keras menjadi datar dan melumpur,” terangnya, Sabtu (5/12/2015).

Ia menjelaskan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan  lapisan bawah tanah jenuh air, sehingga dapat menghemat air.

Dengan alat modern tersebut, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

“Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar. Ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat harus selalu terjamin,” ujarnya.

Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang dan mampu berperan dalam pembangunan.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.