Bahaya Mengendarai Motor Pakai Sepatu Hak Tinggi

motor Kini.co .id
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Berkendara sebenarnya bukan perkara yang mudah, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan atau keselamatan selama perjalanan.

Namun, masih banyak pengendara yang kurang peduli atau bahkan menyepelekan itu. Misalnya, para wanita yang mengendarai motor matik menggunakan sepatu hak tinggi (high heels). Pasalnya, tindakan itu bisa membahayakan pengendara sendiri.

Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu Ketua Divisi Keanggotaan dan Tata Tertib Club Indonesia, Lita Mayasari, mengatakan hal tersebut kurang aman bagi pengendara sendiri.

“Pakai high heels tidak akan nyaman untuk dipakai berkendara sepeda motor. Tidak hanya motor besar saja ya tapi kecil juga,” kata Lita.

Menggunakan high heels jelas tidak disarankan karena akan mengurangi keseimbangan pengendara saat kaki berada di tanah. Terkait itu, Lita mengatakan tidak ada aturan yang baku soal boleh atau tidak mengenakan high heels saat berkendara.

“Bukan gak boleh, tapi safety-nya kurang. Saya gak bisa mengatakan enggak boleh karena ga ada aturan baku. Tapi itu akan jadi kesulitan sendiri untuk mengendarai motor menggunakan high heels,” pungkasnya.

Bagi pengemudi wanita, kerap kali malas membuka sepatu hak tinggi atau high heels-nya saat menyetir. Hal ini bisa terjadi karena merasa dirinya mampu menginjak pedal gas, kopling dan rem dengan baik. Banyak juga yang takut kakinya menjadi kotor karena menginjak pedal langsung tanpa alas.

Namun, sebenarnya memakai high heels justru membuat para ladies tidak nyaman dalam mengemudikan mobil. Tanpa disadari, kebiasaan ini menjadi hal yang membahayakan pengemudi wanita bahkan pengemudi lainnya. Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari wanita saat menyetir:

Menggunakan Pakaian dan Sepatu yang Tidak Nyaman
Demi penampilan yang cantik, beberapa wanita rela mengabaikan kenyamanannya saat mengemudi. Contohnya memakai sepatu hak tinggi ataupun rok yang terlalu ketat. Selain membuat kurang nyaman, kondisi berpakaian seperti itu bisa membahayakan Anda saat mengemudi.

Posisi Duduk yang Salah
Beberapa wanita ternyata kerap terlihat ada pada posisi duduk yang salah saat mengemudi. Ya, posisi duduk yang terlalu dekat dengan setir nyatanya bisa berbahaya. Pergerakan tangan dan kaki tentunya akan lebih sulit untuk dilakukan karena ruang yang amat sempit. Karena itulah, Anda perlu membiasakan untuk duduk dengan proporsi yang benar.

Aksesori Mobil yang Berlebihan
Hindari meletakan aksesori di sekitar rem tangan ataupun yang bisa menghalangi pandangan belakang dan kaca spion. Kebanyakan wanita kerap menaruh berbagai aksesori demi mempercantik tampilan interior mobil seperti menaruh pajangan maupun boneka. Hal tersebut boleh dilakukan, asalkan tidak mengganggu kegiatan mengemudi Anda.

Tidak Memerhatikan Kondisi Sekitar
Hal lain yang kerap dilakukan pengemudi wanita adalah tidak memerhatikan kondisi sekitar. Malah terkadang, banyak juga yang sambil memainkan handphone saat menyetir. Beberapa dari pengemudi wanita pun kerap berhenti mendadak tanpa memikirkan kendaraan di sekitarnya.

Mengabaikan Kondisi Mobil
Hal yang satu ini sering juga dilakukan para wanita. Alih-alih mahir mengemudi, mereka justru mengabaikan hal lainnya yaitu merawat kondisi mobilnya. Beberapa wanita kerap lupa untuk menjaga kondisi komponen mobil seperti oli, air radiator, kondisi ban, dan lainnya. (liputan6.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.