oleh

Bahayanya Minum Air Putih Berlebihan Menurut Pakar Kesehatan

PortalMadura.Com – Air merupakan komponen utama dalam sel tubuh manusia, yaitu sebanyak 60-70 persen. Beberapa organ tubuh pun mengandung air, seperti paru sebesar 90 persen, 82 persen pada darah, 80 persen pada kulit, dan 70 persen pada otak, dikutip dari Liputan6.com.

Untuk itu, mengonsumsi cukup air putih dalam sehari menjadi salah satu cara untuk memuaskan dahaga dan terhindar dari dehidrasi. Akan tetapi, berlebihan mengonsumsi air putih juga bisa menimbulkan dampak berbahaya bagi tubuh.

Sebagaimana menurut dokter spesialis gizi klinik, Diana Sunardi mengatakan, bahwa minum air putih berlebihan tetap memiliki dampak negatif yaitu, seseorang akan kekurangan elektrolit karena terbuang.

“Jadi tubuh kita itu terdilusi alias terjadi pengenceran. Nah, itu kita kekurangan elektrolit dan bisa sampai pingsan,” kata Diana, seperti dilansir PortalMadura.Com, Jumat (15/11/2019) dari laman Merdeka.com.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan

Loading...

Maka dari itu, Diana merekomendasikan seseorang untuk minum secara cukup yaitu delapan gelas dalam sehari. Hal itu juga tergantung dari aktivitas yang dilakukan.

“Kalau aktivitas fisik (tinggi), kerja, udara panas, itu harus ditambahkan,” ujarnya.

Selain itu, minum air dalam jumlah banyak di waktu yang singkat juga bisa berbahaya.

Dikutip dari Metro, dokter asal Inggris, Imogen Bexfield mengatakan, bahwa konsumsi terlalu banyak air dalam waktu singkat bisa membanjiri ginjal sehingga mereka tidak mampu memproses dan menghilangkan air dengan cepat.

“Ini menyebabkan kadar natrium dalam darah Anda terlalu rendah,” kata Bexfield.

Risiko lainnya adalah hidrasi berlebihan yang bisa menjadi masalah kesehatan bernama hiponatremia.

“Ini adalah ketika natrium dalam tubuh Anda menjadi lemah dan kurang efektif, ketika ini terjadi, itu meningkatkan kadar air tubuh Anda sehingga sel-sel Anda mulai membengkak,” ungkap Bexfield.

Parahnya lagi, kondisi yang jarang terjadi ini bisa menyebabkan kelemahan otot, kram, hingga kejang. Kelebihan air juga bisa menyebabkan sel-sel otak membengkak dan meningkatkan tekanan dalam tengkorak. Hal tersebut bisa berujung pada mual, sulit bernapas, kelemahan otot, hingga pada kasus yang parah menyebabkan kerusakan otak, koma, dan kematian.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE