Bandara Trunojoyo Sumenep Serahkan Data Lalu Lintas Udara ke Tiga Maskapai

Avatar of PortalMadura.com
Bandara Trunojoyo Sumenep Serahkan Data Lalu Lintas Udara ke Tiga Maskapai
Bandara Trunojoyo Sumenep

PortalMadura.Com, – Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan oleh tiga maskapai yang berencana melakukan penerbangan secara komersial di Bandara tersebut.

Salah satu berkas yang diserahkan itu adalah data secara general kapasitas dan kemampuan bandara serta laporan terkait lalu lintas udara yang ada di Bandara Trunojoyo.

“Kami sudah menyerahkan data-data itu kepada tiga maskapai. Karena data itu yang dibutuhkan oleh maskapai,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Rabu (29/3/2017).

Ketiga maskapai yang sebelumnya telah melakukan komunikasi aktif dengan penyelenggara Bandara dan Pemerintah Daerah adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kal Star Aviation, dan Wings Air.

“Data yang kami berikan itu agar digunakan untuk melihat seperti apa keberadaan bandara dan amino masyarakat dalam memanfaatkan transportasi udara,” ucapnya.

Ia menyampaikan, perlu adanya even tertentu untuk menarik maskapai agar bisa datang berinvestasi dalam bentuk penerbangan komersial di Sumenep.

“Kedepan memang perlu ada even yang bisa membuat mereka (maskapai, red) tertarik datang dan berinvestasi di Sumenep,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah daerah telah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar Kemenhub RI juga menawarkan kepada maskapai bahwa Bandara Trunojoyo sudah siap dimanfaatkan oleh pesawat berkapasitas 70 penumpang lebih.

“Pemerintah daerah sudah meminta Kemenhub agar menawarkan bandara ke maskapai, semoga dalam waktu dekat ada maskapai yang mau melakukan penerbangan secara komersial di Sumenep,” tegasnya.

memiliki panjang landasan pacu 1600 meter dengan lebar 30 meter dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir pesawat.

Selama ini, selain menjadi penerbangan perintis, Bandara Trunojoyo juga menjadi tempat latihan siswa sekolah pilot dari berbagai sekolah penerbangan. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.