oleh

Bangga, Unija Berstatus Kampus Berkelanjutan Kelas Dunia

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kini menyandang status Kampus Berkelanjutan kelas dunia.

Berdasarkan pengumuman UI GreenMetric World University Rankings 2020, melalui virtual pada Senin (7/12) di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Unija tercatat pada peringkat ke-873 dunia dari 912 universitas/ perguruan tinggi yang menyandang sebagai Kampus Berkelanjutan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Kampus Berkelanjutan Terbaik dunia, disandang Wageningen University & Research, Belanda dan peringkat terakhir atau ke-912 diraih, Basrah University College, Iraq.

Sedangkan untuk status Kampus Paling Berkelanjutan di Indonesia pada tahun 2020, Unija masuk peringkat ke-79 dari 88 yang masuk peringkat. Peringkat pertama, Universitas Indonesia (UI) dan terakhir atau ke-88 yakni Universitas Harapan Medan.

PortalMadura.Com melansir dari ui.ac.id, bawah pada tahun 2020 jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Negara yang baru bergabungtahun ini adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia.

Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

“Alhamdulillah, ini prestasi yang luar biasa, tentu membanggakan. Kampus kita bisa masuk kategori dunia. Meski ada di peringkat ke-873, tapi kelasnya kan Internasional,” kata Rektor Unija, Sumenep, Sjaifurrachman, Kamis (17/12/2020).

Kedepan, kata dia, harus lebih ditingkatkan lagi. Minimal mampu mempertahankan yang sudah baik dan terus berbenah diri. “Harapan kami, semoga berdampak positif, baik kepada mahasiswa maupun kepada semua pihak dilingkungan Unija dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan, bahwa Unija menyandang “Anugerah Kampus Unggul” dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, yaitu peringkat ke-28 dari 318 perguruan tinggi swasta (PTS) se-Jawa Timur di tahun 2020.

“Prestasi yang kami raih ini, tentu hasil kerja keras semua pihak. Kami tetap akan mendorong bagaimana Unija semakin maju dan bermanfaat bagi semuanya. Negara dan bangsa tentu,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar