Bangkalan Kemas Peltim Kamal Jadi Obyek Wisata Berbasis Komunitas

Avatar of PortalMadura.com
Bangkalan Kemas Peltim Kamal Jadi Obyek Wisata Berbasis Komunitas
Peserta Kelompok Sadar Wisata

PortalMadura.Com, – Peserta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bangkalan, Madura, Jawa Timur mengunjungi di Desa/Kecamatan Kamal, Bangkalan.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Pariwisata Disbudpar Bangkalan, Sumriyah mengatakan, kunjungan yang dilakukan oleh 30 peserta Pokdarwis itu, lantaran tempat tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Menurutnya, sangat layak dijadikan destinasi wisata berbasis komunitas. Lokasi tersebut, pernah dijadikan tempat bersandar kapal dan banyak dikunjungi masyarakat terutama para remaja.

“Tempatnya sangat bagus, makanya kita membawa para peserta Pokdarwis. Agar nanti langsung dikembangkan dan dikelola,” kata dia, Jumat (8/12/2017).

Pelabuhan Timur (Peltim) Kamal, sebebelumnya menjadi jantung perekonomian masyakat dan pemerintah daerah. Namun, semenjak diresmikannya Jembatan Suramdu, pelabuhan yang terletak di Dusun Kejawen tersebut dibairkan mangkrak.

Saat ini, tempat itu menyisakan bekas ornamen alat berat seperti ban bekas raksasa. “Tempatnya sudah unik, sudah memiliki daya tarik untuk dijadikan tempat wisata dan bagus untuk dikunjungi,” ucapnya.

Program selanjutnya, adalah penataan dan mengatur regulasinya, tinggal dikombinasikan dengan wahana yang berhubungan dengan wisata air.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan, Lily Setiawati Mukti mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari serangkaian pelatihan Pokdarwis dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariswisata.

“Komitmen dari kami, yakni meningkatkan kualitas obyek wisata yang selama ini kurang dikembangkan, dan sebagai langkah awal adalah pemberdayaan SDM dulu seperti ini,” ungkap dia.

Dari potensi tersebut, Disbudpar Bangkalan akan menjadikan palabuhan timur Kamal sebagai “Wisata Bahari” yang menjadi andalan daerah tersebut.

“Ini akan terus dibina dan dikembangkan menjadi wisata bahari, karena tempatnya sudah bagus. Tinggal bagaimana regulasinya, nanti akan ditindak lanjuti dengan ASDP Kamal,” pungkasnya.(Hamid/nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.