Bangun Alun-Alun Sampang, Pembuatan Patung Karapan Sapi Kontrak Seniman Bali

Avatar of PortalMadura.com
Bangun Alun-Alun Sampang, Pembuatan Patung Karapan Sapi Kontrak Seniman Bali
Proses pembangunan Alun-Alun Kabupaten Sampang (Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Pembuatan tiga pasang patung karapan sapi yang akan diletakkan di Alun-Alun Trunojoya Sampang, Madura, Jawa Timur, melibatkan seniman ternama dan profesional asal Bali.

Kepala Bidang (Kabid) Konservasi dan Rehabilitasi Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang Imam Irawan menyampaikan, patung karapan sapi dibuat seniman profesional dari Bali, yaitu I Nyoman Nuarta yang menjadi pematung Indonesia paling dikenal dengan berbagai mahakarya.

“Penggarapan patung tiga pasang karapan sapi untuk Alun-Alun terus dikerjakan oleh salah satu pengrajin atau pematung ternama di Bali. Seluruh patung sedang tahap pengecoran perunggu,” terangnya, Selasa (2/8/2022).

Pihaknya menyebutkan, anggaran pembuatan patung tiga pasang karapan sapi di area kegiatan proyek Alun-Alun Trunojoyo Sampang, satu pasang mencapai Rp 1,1 miliar. Total senilai Rp 3,3 miliar.

Baca Juga:  Oknum Legislator Diduga Aniaya Aktivis Formabes

“Proses pembuatan patung karapan sapi, telah dimulai sejak dua pekan setelah kontrak kerja awal pengerjaan proyek pada 6 April 2022 lalu,” katanya.

Patung yang sedang digarap di Bali, pihaknya mengaku meniru model sapi lokal Sampang yang sering mengikuti ajang karapan sapi.

Ada beberapa foto karapan sapi yang menjadi referensi untuk pembuatan patung, dan salah satunya model pasangan karapan Sapi Jet Matic berasal dari lokal Sampang.

Target pembuatan patung karapan sapi, kata Irawan, akan rampung sampai akhir Oktober. Serta dapat dibawa untuk dipasang oleh pematung di Alun-Alun Trunojoyo Sampang pada November 2022.

“Pengerjaan selama ini, tergolong lama. Karena terdapat kendala model yang terlihat tidak cocok pada beberapa bagian tubuh patung sapi yang perlu diubah,” imbuhnya.(*)

Baca Juga:  Rawan Aksi Balap Liar, Polsek Pangarengan Sisir Lokasi Kumpul Remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.