oleh

Banjir Landa Perkampungan Warga Blega Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, membuat sungai Blega meluap, Jumat (18/1/2019).

Informasi yang dihimpun, air mulai menggenangi permukiman warga sejak pukul 07.00 WIB dengan ketinggian air berkisar antara 1 cm hingga 30 cm.

Thollib (35) salah seorang warga Kampung Palanggeren, Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, mengatakan, sebagian besar perkampungan yang terkena banjir merupakan kawasan dataran rendah yang lokasinya berada di sekitar bibir sungai.

Wilayah itu, seperti Kampung Laok Songai, Kampung Segit, Kampung Palanggeren, Kampung Dejeh Songai dan Kampung Karang Kemasan.

“Kalau untuk dataran tinggi, Alhamdulillah aman mas,” terang nya.

Menurutnya, warga yang berada dilokasi rawan banjir, sudah mulai mengantisipasi akan datangnya banjir pada saat musim penghujan seperti saat ini.

Baca Juga: Petugas Lucuti 180 APK di Sampang

Meski curah hujan di Kecamatan Blega tidak begitu deras, potensi banjir pada musim penghujan sangat besar jika di Kecamatan Geger dan Kecamatan Konang dilanda hujan deras.

“Karena air yang masuk ke sungai Blega ini aliran sungai dari Kecamatan Geger dan Kecamatan Konang, jadi meskipun disini tidak deras dan di dua Kecamatan itu deras, potensi banjir sangat besar,” jelasnya.

Semenyara itu, Kapolsek Blega AKP Edi Tjahyono Putro saat dikonfirmasi mengatakan, luapan sungai Blega diakibatkan tidak muatnya sungai Blega menampung air kiriman dari Kecamatan Geger dan Kecamatan Konang, sehingga kawasan dataran rendah yang berada di sekitar bibir sungai digenangi air.

“Mulai dari tadi pagi kita standbay mas, Alhamdulillah lalu lintas lancar karena petugas terus mengatur kendaraan yang hendak melewati genangan air,” katanya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak BPBD Kabupaten Bangkalan. (Isrok/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar