Bank Indonesia Dukung Perluasan Akses Pasar Ekspor Kopi

Avatar of PortalMadura.com
Bank Indonesia dukung perluasan akses pasar ekspor kopi
Ilustrasi. Petani memetik kopi Arabica Gayo di kebun milik mereka di Takengon, Provinsi Aceh, Indonesia pada 17 Desember 2017. Kopi Arabica Gayo merupakan salah satu kopi terbaik dunia, pada tahun 2017, jumlah produksi kopi Arabica Gayo mencapai 46 ribu ton dan diekspor ke berbagai negara di dunia. (Junaidi Hanafiah - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, mendukung sebagai salah satu komoditi unggulan dengan menghadirkan binaan BI dalam Cafe Asia Expo di Singapura pada 21-23 Maret.

Kepala Onny Widjanarko mengatakan BI bersama Atase Perdagangan, Kementerian Perdagangan, dan KBRI Singapura mengirim UMKM dari berbagai daerah untuk mengikuti pameran yang diikuti oleh 154 exhibitor dari 25 negara.

“Cafe Asia Expo 2019 menjadi media showcase untuk memperkenalkan kopi asli Indonesia khususnya yang dihasilkan UMKM binaan Bank Indonesia kepada masyarakat dunia,” ujar Onny dalam keterangan resmi, Sabtu (23/3/2019) kemarin.

Menurut dia, Singapura dianggap memiliki potensi sebagai Negara end user dan market hub komoditi kopi.

Langkah Bank Indonesia menghadirkan UMKM di kancah Internasional sebagai bagian upaya membantu pelaku UMKM dapat memasarkan produknya langsung kepada para pembeli luar Negeri.

“Upaya ini juga untuk menghubungkan UMKM kopi dengan pelaku sektor usaha kopi yang lebih besar sehingga pasar kopi Indonesia akan semakin luas,” imbuh Onny. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (24/3/2019).

Onny menambahkan expo tersebut juga menjadi media dialog pelaku UMKM untuk memperoleh masukan terkait permintaan pasar kopi dunia sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima berbagai pengusaha maupun penikmat kopi dunia.

Bank Indonesia akan terus mendorong UMKM kopi binaan Bank Indonesia untuk dapat terus meningkatkan kualitas produk sehingga dapat diterima pasar global dan mampu meningkatkan devisa Negara sehingga bisa mengurangi defisit transaksi berjalan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.