oleh

Bantuan Gubernur & Bank Jatim, Sumenep Punya Anjungan Dukcapil Mandiri

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah memiliki dua mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin tersebut bantuan dari Gubernur Jatim dan Bank Jatim.

“Yang Bank Jatim ini dari program corporate social responsibility,” terang Pemimpin Bank Jatim Cabang Sumenep, Sigit Tri Atmoko mewakili Direksi, Selasa (18/8/2020).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

ADM yang mirip mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) itu mampu mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran, hingga kartu keluarga dalam hitungan menit.

Program ADM merupakan terobosan Kemendagri untuk mendigitalisasi layanan kependudukan di Indonesia. “ADM itu mampu mencetak 24 jenis dokumen kependudukan,” kata Sigit Tri Atmoko.

Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang sudah diserahkan oleh Bank Jatim dan diterima langsung oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim, pada momen peringatan 17 Agustus sudah diuji coba. Pada proses simulasi, Bupati berhasil mencetak akta kelahiran putrinya.

Bupati Sumenep A Busyro Karim uji coba ADM dan berhasil (@portalmadura.com)
Bupati Sumenep A Busyro Karim uji coba ADM dan berhasil (@portalmadura.com)

ADM bantuan Bank Jatim tersebut nantinya akan ditempatkan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Sumenep. “Sejak MPP buka hingga tutup bisa dioperasikan. Insya Allah non stop tidak akan ada masalah dengan ADM itu,” ujar Sigit Tri Atmoko.

Pihaknya berharap, hubungan Bank Jatim dengan pemerintah daerah semakin erat. Bank Jatim yang merupakan bank pembangunan daerah ingin ikut serta membangun Sumenep dalam hal pelayanan masyarakat.

“Baik sektor pendidikan, kesehatan dan bantuan sosial lainnya. Ini program kami melalui CSR. Kehadiran Bank Jatim semoga bisa memberi manfaat bagi warga Sumenep,” tandasnya.

Sementara, Bupati Sumenep, A Busyro Karim, menyampaikan terima kasih pada Bank Jatim yang ikut memikirkan kemajuan Sumenep pada bidang pelayanan.

“ADM ini tentu sangat berarti dan sangat bermanfaat bagi warga Sumenep,” katanya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar