Banyak Konsumsi Sayuran Hijau Dapat Percepat Turunkan Berat Badan ?

Avatar of PortalMadura.Com
Banyak Konsumsi Sayuran Hijau Dapat Percepat Turunkan Berat Badan ?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bila Anda tidak menyukai sayur, mungkin Anda bisa mempertimbangkannya kembali. Ada banyak manfaat bila kita sering mengonsumsi tidak hanya bisa menurunkan resiko penyakit kronis, tetapi dapat memengaruhi berat badan juga lho.

Sepertihalnya sayur bayam. Sayuran hijau dengan kaya serat dan protein nabati ini tidak hanya bisa dijadikan lauk makan saja, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus bayam yang sehat.

Namun selain bayam, ada juga sayuran hijau lainnya yang tinggi nutrisi. Seperti daun kale, sawi hijau, kangkung, daun singkong, brokoli, dan sebagainya. Sayangnya, tak banyak orang menyukai sayuran hijau karena alasan pahit dan sebagainya.

Dalam sebuah studi terbaru yang melibatkan 6.000 orang di Belanda disebutkan, seseorang yang makan lebih banyak protein nabati, risikonya lebih rendah terkena penyakit jantung koroner selama periode tindak lanjut rata-rata lebih dari 13 tahun. Peneliti Kim Braun dari Erasmus University Medical Center, mempresentasikan penelitian di Nutrition 2018.

Di samping itu, ada studi lain dari 4.500 orang dewasa di Brasil, secara teratur mereka mengonsumsi lebih sedikit protein nabati hampir 60%, dibandingkan konsumsi makanan dengan sumber protein hewani.

Hasilnya terdapat plak di arteri jantung berdasarkan penilaian kalsium arteri koroner, dengan ukuran penumpukan plak yang biasanya digunakan untuk menilai risiko penyakit jantung. Dirce Maria Marchioni dari Faculdade de Saude Publica da USP yang mempresentasikan penelitian tersebut.

Di sisi lain, ada juga sebuah penelitian dari Universitas George Milestone yang menemukan bahwa di antara orang Asia Selatan yang tinggal di Amerika Serikat, orang yang mengikuti diet vegetarian memiliki lebih sedikit faktor risiko untuk penyakit jantung dan diabetes.

Termasuk indeks massa tubuh yang lebih rendah, pinggang lebih kecil lingkar dan jumlah lemak perut yang lebih rendah, kolesterol rendah dan gula darah lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang dalam kelompok demografi orang yang makan daging.

Tidak hanya itu, analisis perubahan berat badan di antara lebih dari 125.000 orang dewasa selama periode empat tahun menunjukkan bahwa pola makan nabati yang kaya akan makanan nabati berkualitas tinggi. Seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, yang dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Sementara asupan lebih tinggi dari makanan nabati yang tidak sehat, seperti permen dan kentang goreng dikaitkan dengan penambahan berat badan secara signifikan lebih besar.

Itulah beberapa hasil studi mengenai . Terlepas dari itu, ada banyak studi yang dikaitkan dengan penurunan berat badan dengan pola makan yang sehat. Anda tak perlu khawatir dan tetap jaga pola makan dengan benar, dengan konsumsi makanan bernutrisi seimbang. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.