oleh

Banyak Potensi Yang Belum Tergarap, Mahasiswa Perlu Membangun Desa

PortalMadura.Com, Yogyakarta – Ketua Presma Unija Sumenep, Imam Hidayat menilai jika potensi di pedesaan banyak yang belum tergarap dengan maksimal oleh pemerintah, sehingga mahasiswa mempunyai kewajiban untuk membangun desa.

“Minimal harus ada desa binaan mahasiswa,” terang Imam usai mengikuti pelatihan kader patriot BEM dan Senat seluruh Indonesia di UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta, Minggu (21/12/2014).

Pembentukan kelompok warga pedesaan dalam upaya menggali potensi desa akan menuju ke makmuran bangsa Indonesia. “Potensi perkebunan, pertanian, kelautan, dan potensi lainnya jika dikelola denga baik, maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang kaya dengan hasil produksi sendiri,” katanya.

Dalam acara pelatihan kader patriot BEM se Indoensia, semua mahasiswa ditekankan agar mahasiswa mampu membangun pedesaan. Disadari atau tidak, semuanya akan pulang ke desa. “Ini pentingnya mahasiswa harus membangun desa dengan masing-masing keilmuan yang dimiliki,” tandasnya.

Pelatihan kader patriot yang ia ikuti selama 3 hari, dari tanggal 19-21 Desember mampu membuka wawasan para mahasiswa, sebab selain mendapatkan materi dari berbagai nara sumber, juga melakukan kunjungan dan bersosialisasi langsung dengan desa binaan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta di Desa Mororejo.(htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE