Bawaslu Pamekasan Telusuri Dugaan Aliran Uang Rp 400 Juta ke PPK Kota

Ketua Bawaslu Pamekasan
dok. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan, Abdullah Saidi. (Foto : Marzukiy)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berjanji untuk menelusuri adanya dugaan aliran dana Rp 400 juta kepada Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dari salah satu Partai Politik (Parpol).

Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi mengungkapkan, pihaknya sudah menerima laporan dari kelompok masyarakat yang merasa keberatan adanya dugaan pergeseran suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akibat aliran dana ratusan juta itu.

“Tentu kami akan tindak lanjuti adanya laporan rekaman suara yang menyebut PPK kota menerima uang Rp 400 juta. Kami akan proses sesuai ketentuan yang berlaku,” janjinya, Sabtu (4/5/2019).

Dikatakan, beberapa pihak yang terlibat dalam dugaan pengaturan perolehan suara parpol itu akan diusut sesuai ketentuan, karena itu dapat mencederai citra demokrasi.

Baca Juga : Rekaman PPK Kota Terima Uang Rp 400 Juta, Ini Tanggapan KPU Pamekasan

Sebelumnya, rekaman dua orang laki-laki berbincang beredar di kalangan masyarakat terkait aliran uang jutaan rupiah kepada PPK Kecamatan Kota Pamekasan yang membuat suara partai berlambang Kakbah itu hilang. Seharusnya PPP mendapat 2 kursi di dapil 1, tapi hanya mendapatkan 1 kursi.

Dua orang yang berkomunikasi via telepon tersebut salah satunya mengaku jika uang Rp 400 juta itu diberikan kepada PPK, saksi dan beberapa pihak lainnya.

“Positif PPP dapat 2 (kursi, red), kalau saya tidak tahu sama sekali bro, uang yang keluar (ke PPK, red) Rp 400 juta,” katanya dalam pembicaraan berbahasa Madura tersebut.

“Katanya Rp 100 juta bro, yang mana yang benar,” tanya satu orang lainnya.

“Rp 400 juta fix, yang penting kamu jangan kasih tahu dari saya (informasinya, red),” jawabnya lagi menguatkan.

Dia menduga, rekapitulasi yang sering molor untuk tingkat DPRD Kabupaten diduga akibat adanya ‘eksekusi’ pergeseran suara PPP ke partai lain. Soal teknis pengaturan suara tersebut dia tidak menjelaskannya secara detail.

“Ya pasti dieksekusi malam itu bro, ya sudah jangan bahas itu, yang penting uang yang masuk itu 400 juta,” katanya dalam pembicaraan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.