Bawaslu Sumenep ‘Pelototi’ 10 Kandidat PPK Pilbup 2020

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sedang ‘mempelototi' sepuluh kandidat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 27 kecamatan yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Sepuluh besar calon PPK menjadi fokus pengawasan kami untuk memastikan para kandidat PPK tersebut, benar-benar orang yang tidak bermasalah, seperti yang sudah diatur dalam undang-undang dan PKPU,” tegas Ketua , Anwar Noris, Selasa (4/2/2020).

Pihaknya secara khusus juga telah memerintahkan kepada semua panitia pemilihan kecamatan (Panwascam) Pilbup 2020 untuk melakukan penelusuran mengenai rekam jejak dari 10 kandidat PPK yang diumumkan KPU tersebut.

“Hasil dari pengawasan itu nantinya akan menjadi acuan untuk diteruskan ke KPU. Sekecil apapun yang menjadi temuan tetap akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu,” ujarnya.

Hal ini dilakukan Bawaslu Kabupaten Sumenep agar calon-calon penyelenggara pada pemilihan Bupati Sumenep 2020, khususnya tingkat kecamatan adalah bukan orang yang pernah atau sedang bermasalah.

“Kalau orang bermasalah nantinya juga akan memberatkan langkah KPU kedepannya. Kita tidak menginginkan hal ini,” tandasnya.

Selama proses yang dilakukan KPU Sumenep, pihaknya aktif melakukan pengawasan sebagai upaya agar output dari rekrutmen itu, terjaring PPK yang benar-benar berintegritas.

Pihaknya juga mengharapkan ada keterlibatan pengawasan yang dilakukan masyarakat terhadap semua tahapan pemilihan Bupati Sumenep 2020.

“Jika masyarakat mendapati sebuah pelanggaran atau apapun bentuknya, laporkan kepada kami,” pungkasnya.(*)

Baca Juga : KPU Sumenep Umumkan 10 Besar Calon Ad Hoc PPK Pilbup 2020

Video Bisnis Make Up Menjanjikan Masa Depan

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.