oleh

Bayi Lahir Tanpa Anus di Sampang, Perut Makin Besar

PortalMadura.Com, Sampang – Bayi berjenis kelamin perempuan, Siti Romlah, warga Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur lahir dalam kondisi tidak memiliki anus (atresia ani).

Bayi itu, lahir dua pekan lalu dari pasangan suami istri (pasutri) Horin dan Alwidi. Sejak menderita kelainan, Romlah selalu menahan sakit dengan kondisi perut semakin membesar.

“Dia hanya menangis setiap akan buang air besar. Sebagai orang tua, saya tidak tega melihat dan hanya berdoa kepada Allah agar dia bisa terlepas dari kelainan itu,” kata Alwidi (ibu Romlah), Sabtu (2/1/2021).

Sang ayah bayi, Horin mengaku tidak memiliki biaya cukup untuk pengobatan Romlah. Namun, hanya pasrah berdoa dan mengaharap ada bantuan dari pemerintah daerah maupun pihak lain demi keselamatan bayinya.

“Saya khawatir, lambat laun, kesehatan anak saya semakin menurun. Maka, saya meminta bantuan kepada semua pihak memberikan jalan untuk pengobatan Romlah,” imbuhnya.

Sementara itu, Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Sampng, Azizah menyampaikan, pemerintah daerah telah siap membantu dan menfasilitasi pengobatan Siti Romlah dengan biaya pengobatan melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Demi menjaga kesehatan dan tubuh bayi normal, pihaknya telah membawa Romlah ke rumah sakit dr. Soetomo Surabaya untuk dilakukan tindakan operasi.

Romlah telah didaftarkan dan administrasi dalam tahap proses untuk jadwal operasi di rumah sakit dr. Soetomo Surabaya.

“Kendalanya, jadwal operasi di rumah sakit dr. Soetomo sudah penuh. Maka, penanganan operasi pasien Romlah masuk dalam daftar tunggu,” ujarnya.

Menurut Azizah, hasil diagnosa di rumah sakit, bayi putri dari pasangan suami istri Horin dan Alwidi menderita kelainan paru-paru dan lahir tanpa anus.

“Saat ini, ada bantuan yang terkumpul dari donatur mencapai Rp 7 juta. Uang digunakan untuk pengobatan dan analisa kesehatan di rumah sakit dr. Soetomo Surabaya,” katanya.

Menyiasati dan meringankan beban biaya akomodasi dan transportasi pengobatan di rumah sakit, pihaknya membuka rekening donatur untuk pengobatan Siti Romlah.

Donasi dapat dikirim langsung ke nomor rekening Bank Jatim 0243096316, atas nama Dewan Kesehatan Rakyat. Atau melalui nomor rekening BCA 8960251661, atas nama Moh Iqbal Fathoni.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Hartono

Komentar